VIRAL ! Bule Ini Cuci Muka Pakai Sampo Anti Ketombe dan Jerawat pun Hilang ! Amankah ?

VIRAL ! Bule Ini Cuci Muka Pakai Sampo Anti Ketombe dan Jerawat pun Hilang ! Amankah ?
Sampo Anti Ketombe bisa jadi obat jerawat? (Foto: Tiktok/@elysemyers)
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 10 Oktober 2022 15:40 WIB

Terasjabar.id -  Sebuah fakta unik muncul di dunia maya. Kali ini akun Tiktok @elysemyers menyebutkan bahwa mencuci muka dengan sampo anti ketombe dapat membersihkan wajah dari jerawat.

Fakta ini cukup menarik mengingat sampo anti ketombe digunakan untuk membasuh rambut dan kulit kepala agar terhindar dari ketombe. Namun temuan bahwa sampo tersebut juga dapat mengatasi jerawat membuat tak sedikit netizen yang penasaran.

Dikutip dari supergreat.com, Senin (10/10/2022), penemuan ini ternyata bukan hal baru dalam dunia kecantikan. Dokter Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, New YOrk, dr. Josh Zeichner bahkan juga membenarkan fakta tersebut.

Dr. Josh menyebutkan sampo anti ketombe dapat membasmi jerawat yang disebabkan oleh jamur. Yang dimaksud dengan jerawat jamur adalah jerawat yang muncul karena pertumbuhan berlebih dari ragi di dalam folikel rambut yang menyebabkan benjolan dan jerawat nanah.

Jerawat jamur muncul karena penumpukan keringat dan minyak pada kulit. Hal ini menciptakan lingkungan yang memungkinkan ragi tumbuh lebih tinggi dari tingkat normal.

Ketombe disebabkan oleh jenis ragi yang sama, yang menyebabkan peradangan dan pengelupasan kulit kepala. Kebanyakan sampo ketombe mengandung bahan antijamur seperti zinc pyrthione atau ketoconazole, yang menurunkan kadar ragi dan selanjutnya mengurangi peradangan dan pengelupasan.

"Cara kerjanya juga sama saat menangani jerawat jamur. Dengan menurunkan kadar ragi dalam folikel, sampo ketombe dapat mengobati benjolan dan jerawat nanah,” jelas dr Josh.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Usapkan sampo anti ketombe itu pada bagian yang terkena jerawat jamur. Seperti wajah, leher, dan dada.

Setelah menutupi bagian yang dianggap perlu, bilas hingga bersih. Bagaimana? Ada yang tertarik untuk mencoba?

(Sumber: Okezone.com)

Viral Sampo Anti Ketombe Tik Tok Jerawat sampo ketombe hilangkan jerawat dokter New York


Loading...