Ternyata Ini Alasan Mengapa Farel Prayoga Enggan Menjawab Agama yang Dianutnya ke Gus Miftah

Ternyata Ini Alasan Mengapa Farel Prayoga Enggan Menjawab Agama yang Dianutnya ke Gus Miftah
Suara Medeka Solo
Editor: Malda Teras Seleb —Senin, 10 Oktober 2022 06:38 WIB

Terasjabar.id - Pihak Farel Prayoga memberi klarifikasi terkait pemberitaan agama yang dianut penyanyi cilik tersebut. Lalu apa sebenarnya agama yang dianut Farel?


Zidni Ilman Nafia, pendamping Farel Prayoga mengatakan agama merupakan ranah privasi. Namun dia banyak mendapatkan pertanyaan terkait keyakinan Farel.

"Sebenarnya sangat privasi ya terkait agama. Namun karena banyak yang tanya ke saya terkait agama Farel, ya saya harus jawab ini," kata Zidni kepada detikJatim, Minggu (9/10/2022).


Karena banyak yang menanyakan, lanjut Zidni, pihaknya pun kemudian menanyakan ke keluarga langsung. Dan keluarga menegaskan bahwa Farel adalah seorang muslim.

"Sudah saya tanyakan kepada Farel ataupun keluarga atau orang tuanya sendiri. Jika Farel adalah muslim," imbuhnya.

Meski demikian, Zidni menegaskan terkait agama tetap merupakan privasi Farel. Tapi karena banyak yang penasaran, maka pihak keluarga akhirnya membukanya.

"Sebenarnya memang tabu. Lebih kepada privasi ya. Tapi karena banyak yang tanya, akhirnya Farel harus menjawabnya. Dia itu muslim," tukasnya.

Zidni kemudian membuktikan dengan video saat Farel melantunkan ikamah azan dan salat. Zidni kemudian mengirimkan potongan video berdurasi 40 detik. Tampak dalam video itu Farel melantunkan ikamah azan.

"Saya punya videonya saat Farel Ikamah dan salat. Dia Muslim kok," ujar Zidni

Tidak hanya bukti itu, lanjut Zidni, dirinya mengaku telah menanyakan langsung kepada Farel Prayoga dan kedua orang tuanya, jika Farel memeluk agama Islam.

"Saya sendiri sudah tanya ke dia, dan dia memutuskan untuk Muslim. Karena saya bilang kamu harus menentukan. Dia masih kecil belum akil baliq harus menentukan," terang Zidni.

"Orang tuanya ya tidak apa-apa. Karena itu (agama) juga dilindungi negara kalau Muslim ya. Ini tergantung individu masing-masing, dianya mantap Muslim," sambungnya.

"Makanya saya berani ngomong Muslim karena memang sesuai dengan pengakuan dia," kata Zidni.

Zidni menjelaskan Farel Prayoga memang sengaja tidak mengungkapkan agama apa yang dianutnya saat ditanya oleh Gus Miftah. Hal ini dilakukan untuk menghargai agama yang dianut oleh orang tuanya.

"Jadi mungkin dia itu masih apa ya, masih menghargai (agama) orang tuanya gitu. Masih ada hal yang harus dijaga," ujarnya.

Padahal, kata Zidni, orang tua Farel Prayoga membebaskan anaknya untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Yang penting, kata Zidni, Farel menjalankan perintah agama yang dianutnya.

"Farel memeluk agama Islam tanpa ada paksaan dari siapapun. Jadi dia memilih sendiri agamanya," ujar Zidni.

"Jadi di keluarga Farel itu toleransinya besar. Kedua orang tuanya non-Muslim. Kakak perempuan beragama Islam, kakak laki-lakinya Nasrani. Sementara adiknya yang masih kelas dua," tambahnya.

Selain itu, lanjut Zidni, saat itu Farel masih dalam kondisi bingung karena seusai bangun dari tidur. Sehingga ia masih dalam keadaan tidak fokus saat ditanya Gus Miftah di depan hadirin pengajian Maulid Nabi.

"Dia itu baru bangun tidur. Tidak fokus. Kan itu acaranya jam 11 malam. Kan di dalam video itu dia sebenarnya tidak mau buka masker karena bangun tidur," ungkapnya.

"Mungkin belum sadar penuh. Atau apa ya belum on gitu loh, makanya dia bingung karena masih kecil itu jadi agak bingung juga ditanya hal itu," jelasnya.

Zidni menjelaskan memang banyak yang belum tahu jika Farel Prayoga adalah seorang Muslim. Ini karena selama ini orangt uanya merupakan non-Muslim.

"Memang yang memberitahu itu panitia ya. Tapi mungkin panitianya hanya melihat jika orang tua Farel non-Muslim. Makanya diberitahu ke Gus Miftah kalau Farel non-Muslim. Padahal ya Muslim," tandas Zidni.

Baca artikel detikjatim, "Teka-Teki Agama Farel Prayoga yang Diungkap Pendampingnya" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6338569/teka-teki-agama-farel-prayoga-yang-diungkap-pendampingnya.

Farel Prayoga Muslim Islam Ngaji Keluarga viral Nasrani Adzan Solat


Loading...