HUT TNI ke-77, TNI Adalah Kita, Kodim 0619/Purwakarta Wujudkan Mesin Pakan Untuk Masyarakat Purwakarta

HUT TNI ke-77, TNI Adalah Kita, Kodim 0619/Purwakarta Wujudkan Mesin Pakan Untuk Masyarakat Purwakarta
Editor: Malda Hot News —Jumat, 7 Oktober 2022 10:07 WIB

Terasjabar.id - Purwakarta | Kodim 0619/Purwakarta berhasil membuat sebuah karya mesin pakan ternak mobile MPTM- 0619-SGJ untuk masyarakat khususnya petani atau pembudidaya ikan di Purwakarta. Kamis, 06 Oktober 2022.

Anggota Babinsa Koramil 1905/Jatiluhur Kodim 0619/Pwk Peltu Geger Yudianto yang merupakan penggagas mesin tersebut mampu memberdayakan yang selama ini menjadi hama dan menganggap eceng gondok sebagai penghambat dijadikan manfaat yakni mengolahnya menjadi pakan ikan.

Eceng gondok yang merupakan bahan dasar pakan ikan ini dinilai ekonomis untuk masyarakat karena mudah didapat dan tumbuh liar di danau Jatiluhur.

Letkol Arm Andi Achmad Afandi selaku Dandim 0619 Purwakarta menyampaikan MPTM berdasarkan arahan Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon pada saat melaksanakan kunjungan ke wilayah teritorial Kodim 0619/PWK yakni Koramil 1905/Jatiluhur,

hal ini merupakan pelaksanaan dari penjabaran Perintah Kasad 2 bulan lalu, bahwa Prajurit TNI AD di wilayah hadir untuk membantu atasi kesulitan rakyat.

Menindaklanjuti hal tersebut Kodim 0619/Pwk membuat alternatif solutif di wilayah dengan membuat pakan ternak yang efisien berkualitas yakni dengan menciptakan mesin pembuat pakan ikan yang diberi nama MPTM-0619-SGJ karena bisa dibawa kemana aja," terang Letkol Arm Andi saat mengecek ulang sistem kerja MPTM di Makoramil 1905/Jatiluhur. Kamis (6/10/2022)

Dandim menjelaskan mesin tersebut dibuat sesuai dengan karakteristik wilayah yang mana wilayah teritorial Koramil 1905/Jatiluhur banyaknya pembudidaya ikan di perairan waduk Jatiluhur.

"Mesin ini tercipta hasil komunikasi Babinsa, warga dan petani ikan di Waduk Jatiluhur, yang sering terganggu dengan banyaknya tanaman eceng gondok," ujarnya.

Semoga, di HUT TNI ke-77 sesuai dengan tema TNI adalah Kita, Kodim 0619/Purwakarta selaku Institusi TNI bisa mewujudkan inovasi yang dapat mengatasi kesulitan rakyat.

"MPTM merupakan wujud nyata TNI adalah Kita dengan mampu menciptakan sesuatu yang dapat mengatasi atau meringankan beban masyarakat. Mudah mudahan Inovasi ini, bermanfaat untuk masyarakat luas, walaupun hanya 1 unit MPTM," harap Dandim Purwakarta


A H/red

Purwakarta Viral Mesin Pakan Kodim 0619 Viral Danrem Kamis Budidaya ikan danau jatiluhur


Loading...