Berikut 3 Doa Malam Maulid Nabi dan Sholawat Pujian Kepada Rasulullah SAW

Berikut 3 Doa Malam Maulid Nabi dan Sholawat Pujian Kepada Rasulullah SAW
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 6 Oktober 2022 13:41 WIB

Terasjabar.id - Maulid Nabi merupakan hari untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tahun ini, Maulid Nabi 2022 akan tiba tidak lama lagi, yaitu Sabtu, 8 Oktober 2022. Nah, ada baiknya jika anda membaca doa malam maulid Nabi.

Dalam bahasa Arab, Maulid Nabi disebut dengan Rabiul Awwal. Disarankan oleh para ulama, pada hari Maulid Nabi untuk memanjatkan doa-doa dan melakukan amalan baik kepada Nabi Muhammad SAW. Adapun doa malam maulid Nabi dapat dibaca di bawah ini. 


1. Doa dan Sholawat Al-Fatih

Silahkan baca sholawat Al-Fatihi di bawah ini pada malam Maulid Nabi dan semoga berkah showalat Al-Fatih bisa menjadi milik Anda. 

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ?lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya:“Ya Allah, limpahkanlah selawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan selawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

2. Doa dan Sholawat Nariyah

Selain doa dan sholawat Al-Fatih, disarankan juga untuk membaca sholawat Nariyah. Adapun bunyi Sholawat Nariyah adalah sebagai berikut:

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

3. Doa dan Sholawat Munjiyat

Doa dan Sholawat Munjiyat dapat dipanjatkan pada malam Maulid Nabi agar kita semua dapat melalui cobaan dan dijauhkan dari cobaan berat. Berikut bunyi bacaan Sholawat Munjiyat. 

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar fa’una bihaa ‘indaka a’laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan selawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan selawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan selawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan selawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan selawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Demikian itu doa malam maulid Nabi untuk Anda baca. Semoga amal ibadah Anda diterima oleh Allah SWT.

Disadur dari Suara.com 

Maulid Nabi Umat Islam Doa


Loading...