Berikut Beberapa Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 6 Oktober 2022 13:36 WIB

Tersjabar.id - Bunga telang merupakan tanaman yang tumbuh secara merambat yang umumnya dapat ditemukan pada perkarangan rumah. 

Umumnya bunga telang merupakan tanaman hias yang mudah ditemukan di mana saja. Bunga telang memiliki ciri khas dengan bunganya yang berwarna biru terang ataupun ungu

Di Asia Tenggara bunga telang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional, ataupun sebagai bahan pewarna alami. 

Bunga telang memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika kamu menkonsumsinya dengan sewajarnya. Berikut merupakan manfaat dari bunga telang:  


1. Mengatasi penyakit pada kulit 

Untuk mengatasi masalah pada kulit kamu dapat menumbuk bunga telang kemudian dapat membalurkan bunga telang ke kulit yang bermasalah. 

2. Dapat menyamarkan kerutan dan garis halus kulit

 Bunga telang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Sehingga anti oksidan yang berada pada bunga telang dapat menyamarkan kerut halus pada kulit, terutama bagian wajah. Kamu dapat memanfaatkan bunga telang dengan menyeduhnya seperti teh. 

3. Melancarkan buang air kecil

Akar dari bunga telang punya sifat diuretik yang mampu membantu melancarkan buang air kecil. Kamu bisa merebus sekitar 0,3 gram akar bunga telang dengan empat gelas air lalu tunggu mendidih. 

Setelah air rebusan menguap setengahnya, saring ke dalam gelas dan minum. Direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak dua kali sehari untuk mendapat khasiatnya.

4. Bisa sebagai detoks tubuh

Bunga telang yang dijadikan teh juga dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh khususnya pada pencernaan. 

5. Dapat menyehatkan jantung 

Menurut pakar, kandungan yang dimiliki bunga telang bisa menyehatkan jantung dengan menekan kolesterol dan kadar lemak dalam darah. 

6. Mencegah diabetes

Kandungan yang ada dalam bunga telang dapat menyerap glukosa sehingga kadar gula darah yang ada dalam darah akan stabil.

7. Menyehatkan rambut

Kandungan yang ada dalam bunga telang memperkuat dan menghitamkan rambut. Caranya kamu hanya perlu menumbuk bunga telang dan baluri pada rambut. Kemudian tunggu hingga beberapa menit dan bilas. 

Itulah manfaat yang akan kamu dapatkan dari bunga telang, semoga bermanfaat. 

Sumber: tantrum.suara.com

Bunga Telang Manfaat Tanaman


Loading...