TIPS Mengatasi Rasa Canggung dan Malu Ketika Bertemu Dengan Orang Baru

TIPS Mengatasi Rasa Canggung dan Malu Ketika Bertemu Dengan Orang Baru
Merdeka.com
Editor: Malda Life Style —Selasa, 4 Oktober 2022 12:23 WIB

Terasjabar.id -  Sebenarnya sangat wajar, bila terkadang kita merasa canggung saat berbicara dengan orang baru. Ada banyak faktor yang jadi penyebabnya. Bisa karena bingung ingin membahas topik apa, kita yang terlalu pemalu, kita yang menutup diri, ketakutan dalam diri untuk memulai, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut tentu perlu diatasi, jika tidak, kamu akan merasa sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Nah, bila kamu masih bingung bagaimana cara agar tidak pemalu dan bisa lebih berani untuk memulai interaksi, yuk baca artikel ini sampai habis!

1. Nyamankan Dulu Perasaan

Segala sesuatu yang kamu lakukan selalu dimulai dari pikiran juga perasaan. Apabila kamu ingin melakukan sesuatu, ada baiknya nyamankan dulu perasaan dan pikiranmu.

Berpikirlah positif dan rilekslah di segala keadaan. Ketika kamu merasa takut, terima dulu rasa takutmu itu. Namun, cukup diterima saja, tidak untuk dipelihara. Mau tidak mau, kamu harus melewatinya.

Jika, kamu tidak melewatinya, selamanya kamu tidak akan pernah ke mana-mana. Dalam hal interaksi dengan orang baru, kadang kamu perlu untuk jadi pemulai terlebih dahulu. 

2. Jalin Kontak Mata

Ketika kamu sudah memiliki keberanian dan kenyamanan perasaan untuk memulai obrolan. Lanjutkan menjalin kontak mata dengan lawan bicaramu. Buat kesan baik dan ramah kepadanya. Kalau perlu berikan senyuman atau anggukan kecil.

Kamu juga bisa memulai percakapan dengan bantuan yang kamu berikan misalnya mengambilkan barangnya yang jatuh atau bantuan lain.


Intinya cobalah untuk menjalin kedekatan awal yang baik. Kalau sudah begitu akan lebih mudah bagimu untuk mengarahkan obrolan ke hal yang lain dan percakapan yang lebih panjang. 

3. Ciptakan Random Conversation

Apabila kamu bingung menentukan topik obrolan, kamu bisa mencobanya dengan mengobrol tentang hal-hal random di sekitar. Bisa juga dengan membicarakan hal sebelumnya kalian atau kamu lakukan. Bisa dimulai dengan cerita lucumu atau cerita kamu sebelum bertemu dengannya.

Bisa juga dengan menanyakan pertanyaan ringan atau pujian kecil kepada lawan bicaramu. Sebenarnya ada banyak hal di sekitar yang bisa kamu jadikan topik obrolan, hanya saja kamu mungkin perlu sedikit meningkatkan kepekaan. 

Nah itu dia tadi 3 tips agar kamu tidak lagi malu dan canggung saat berinteraksi dengan orang baru. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

(Sumber: Suara.com) 

Adaptasi Orang Baru viral Perasaan Faktor Penyebab Interaksi


Loading...