Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Buah Naga untuk Ibu Hamil

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Buah Naga untuk Ibu Hamil
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 3 Oktober 2022 09:25 WIB

Terasjabar.id - Sebagai ibu hamil tentunya kita ingin memberikan nutrisi yang baik untuk buah hati. Dengan menjaga pola makan kita dapat mengatur gizi untuk calon buah hati. 

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C. Apa saja manfaat buah naga bagi ibu hamil? Berikut manfaat yang akan diberikan:


1. Menjaga dan melindungi sel tubuh 

Menurut dr. Sienny Agustin dalam ulasan alodokter.com, anak yang berada di dalam kandungan memerlukan vitamin C yang sangat berguna untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel. 

Vitamin C juga bagus karena dapat membentuk kolagen di dalam tubuh seperti tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Buah naga putih memiliki kandungan vitamin C.

Tapi bagi ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C karena dapat meningkatkan risiko kelahiran secara prematur.

2. Membantu dalam tumbuh kembang otak janin

Dikutip dari alodokter.com, menurut dr. Meva Nareza antioksidan dan tiamin yang dimiliki oleh buah naga puti sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin yang berada di dalam kandungan. 

Dalam buah naga juga terkandung riboflavin yang dapat membantu untuk mendorong tubuh menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf.

3. Terhindar dari sembelit

Buah naga putih dapat membantu untuk mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan dan mendorong tubuh mengeluarkan racun. 

4. Mencegah Anemia

Menurut dr. Fadli Rizal Makarim, zat besi pada buah naga bisa pertumbuhan janin, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan mencegah terjadinya anemia.

Dalam masa kehamilan ibu hamil membutuh 27mg zat besi dalam sehari, jika sang ibu kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelahiran prematur. Oleh sebab itu buah naga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menambah zat besi dalam darah. 

Itulah manfaat dari mengkonsumsi buah naga bagi ibu hamil, semoga bermanfaat.

Sumber: yoursay.suara.com 

Ibu Hamil Manfaat Kesehatan Buah Naga


Loading...