Tembakan Gas Air Mata di Kanjuruhan, Begini Efeknya Pada Pernafasan, Batuk, Sesak dan Bisa Sebabkan Gagal Nafas !

Tembakan Gas Air Mata di Kanjuruhan, Begini Efeknya Pada Pernafasan, Batuk, Sesak dan Bisa Sebabkan Gagal Nafas !
Kompas.com
Editor: Malda Sport Style —Minggu, 2 Oktober 2022 10:18 WIB

Terasjabar.id - Tragedi Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya mengakibatkan 130 orang tewas. Kerusuhan terjadi usai tim suporter tuan rumah yang tidak menerima kekalahan turun ke lapangan selepas laga.
Insiden tersebut membuat pihak kepolisian berkali-kali melepaskan gas air mata yang membuat penonton berdesakan keluar. Kondisi ini menyebabkan banyak penonton kekurangan oksigen berujung meninggal dunia.

Mengenai efek gas air mata pada saluran pernapasan, spesialis paru dari RS Paru Persahabatan dr Agus Dwi Susanto mengatakan paparan gas tersebut rentan menyebabkan iritasi pada hidung sampai saluran napas bawah.

"Gejala dari hidung berair, rasa terbakar di hidung dan tenggorokan, batuk, dahak, nyeri dada, sesak napas," kata dr Agus saat diwawancarai detikcom, Minggu (2/10/2022).

Komponen dalam gas air mata rentan membuat seseorang yang menghirupnya tersedak. Komponen gas air mata yang paling umum digunakan adalah 2-chlorobenzalmalononitrile (gas CS).

Senyawa lain yang digunakan atau disarankan sebagai gas air mata termasuk bromoaseton, benzil bromida, ethyl bromoacetate, xylyl bromide, dan α-bromobenzyl sianida.

Dikutip dari Healthline, efek lain yang bisa timbul di saluran pernapasan akibat menghirup gas air mata yakni:

Rasa terbakar dan gatal di tenggorokan
Kesulitan bernapas
Batuk
Dada sesak
Mual
Muntah
Gagal napas
Dalam kasus yang parah, paparan gas air mata konsentrasi tinggi atau paparan di ruang tertutup atau untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kematian.


Baca artikel detikHealth, "Disorot di Tragedi Kanjuruhan, Ini Efek Gas Air Mata Menurut Dokter Paru" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6324053/disorot-di-tragedi-kanjuruhan-ini-efek-gas-air-mata-menurut-dokter-paru.


Arema Kanjuruhan Persebaya Derby Jatim viral Surabaya BRI Liga 1 Jawa Timur Aremania Gas Air Mata


Loading...