Inilah Amalan yang Dapat dilakukan Ketika Maulid Nabi

Inilah Amalan yang Dapat dilakukan Ketika Maulid Nabi
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 1 Oktober 2022 11:40 WIB

Terasjabar.id - Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabi'ul Awal dalam tahun Hijriah. 

Adapun Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam setelah Rasulullah SAW wafat. Peringatan ini dimaksudkan dengan kegembiraan dan penghormatan kepada Rasullah SAW.

Maulid Nabi pada tahun 2022 jatuh pada Minggu 9 Oktober. Di Indonesia Maulid Nabi ditetapkan sebagai hari libur nasional. 

Jalaluddin As-Suyuthi mengatakan, rasa syukur pada Allah termasuk atas hari kelahiran Nabi Muhammad sebaiknya diekspresikan dengan aktivitas kebaikan yang dimaknai sebagai bentuk syukur pada Allah.

Umumnya masyarakat Indonesia yang merayakan Maulid Nabi akan mengisinya dengan membaca kitab rawi (buku riwayat Nabi Muhammad) dengan atau tanpa iringan rebana. Hal lainnya bisa dilakukan dengan pembacaan Al-Qur’an dan ceramah agama.

Berikut merupakan amalan ketika Maulid Nabi yang paling sering dilakukan:

1. Membaca Al-Qur'an 

Membaca kitab suci Al-Qur'an bagi umat muslim memiliki berbagai keutaman salah satunya memberikan syafaat kepada umat muslim ketika hari kiamat. Sesuai dengan Hadits Riwayat Muslim yang menyebutkan:

"Dari Zaid bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti". (HR. Muslim) [ No. 804 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

2. Puasa sunnah

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih afdal dari puasa daud. Puasa daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari puasa dan sehari tidak." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Memperbanyak Salawat

Membaca sholawat untuk Rasulullah SAW dimaksudkan untuk mendoakan dan memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan.

Sebagaiman dalam Al-Qur'an surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

Innallha wa mal`ikatah yuallna 'alan-nabiyy, y ayyuhallana man all 'alaihi wa sallim taslm (Q.S. Al-Ahzab:56)

Yang artinya:"Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya berselawat pada Nabi. Hai orang-orang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan," QS Al-Ahzab:56.

4. Meneladani sifat baik dari Rasulullah SAW

Dalam surat Ali Imran ayat 31 dijelaskan syarat untuk mencintai Allah adalah dengan mengikuti Rasulullah SAW yang bisa dilakukan dengan meneladani sifat-sifat baik Nabi Muhammad.

Itulah amalan yang dapat kamu lakukan ketika memperingati Maulid Nabi, selain itu masih banyak yang dapat kamu lakukan asal sesuai dengan ajaran agama Islam. Semoga bermanfaat. 

Sumber: suara.com

Maulid Nabi Amalan Umat Muslim


Loading...