Gempa Magnitudo 6.0 Mengguncang Tapanuli Utara Sumut

Gempa Magnitudo 6.0 Mengguncang Tapanuli Utara Sumut
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 1 Oktober 2022 10:54 WIB

Terasjabar.id - Gempa magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (1/10/2022).

Kerasnya getaran gempa merusak sejumlah rumah warga, fasilitas umum seperti jalan, tiang listrik juga rusak. Kejadian ini juga mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia.

"Kejadian gempa mengakibatkan satu orang meninggal dunia," kata Kabid Dalops BPBD Sumut Zulham dikonfirmasi SuaraSumut.id.

Dalam laporannya disebutkan, kalau korban meninggal karena serangan jantung saat turun dari lantai dua. Korban sudah berada di RSUD Tarutung.

"Kita BPBD provinsi sedang menuju ke lokasi, kita membawa tim reaksi cepat, kebutuhan logistik yang dibutuhkan masyarakat," kata Zulham.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Sumut, untuk melakukan pendataan jalan mana saja yang rusak akibat terdampak gempa yang mengguncang Taput sekitarnya.

Zulham mengatakan, personel BPBD Kabupaten Taput bersama seluruh OPD sedang melakukan bantuan darurat dan pendataan terkait bencana yang terjadi.

"BPBD Tapanuli Utara sudah mendirikan tenda di RSUD Tarutung," jelasnya.

Diketahui, gempa bumi magnitudo 6,0 mengguncang Taput, Sabtu sekitar pukul 02.28 WIB. Guncangan gempa yang dirasakan kuat, membuat panik warga sekitar yang berhamburan keluar menyelematkan diri.

Selain di Taput, gempa juga dirasakan kencang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba, dan Tapanuli Tengah. Hingga Sabtu pagi ini pukul 09.00 WIB, BMKG mencatat 59 gempa susulan mengguncang Taput.

Disadur dari Suara.com 

Gempa Bumi TApanuli Utara Sumut


Loading...