Wabup Ridho Tutup Latsar CPNS Golongan II Angkatan I-IV

Wabup Ridho Tutup Latsar CPNS Golongan II Angkatan I-IV
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 29 September 2022 10:17 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II angkatan I-IV yang telah diselenggarakan mulai tanggal 13 Juni 2022 resmi ditutup oleh Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, S.H.,M.Si bertempat di UPTD Pengelolaan Fasilitas Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kuningan, Gedung Graha Sajati, Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Rabu (28/9/2022).

Upacara penutupan tersebut telah meluluskan sebanyak 122 orang Calon Pegawai Negeri dari 12 SKPD dengan hasil “memuaskan”. Yang terbagi menjadi 4 angkatan. Dimana BKPSDM Kuningan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat sebagai mentor pelatihan.

Gambar

Dalam kesempatan ini, Wabup Ridho menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan terselenggaranya latsar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, menyampaikan bahwa CPNS wajib menjalankan masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun ASN berakhlak dan kompetensi.

Sejalan dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan merujuk pada ketentuan Pasal 63 ayat (3) dan ayat (4) UU ASN, Calon Pegawai Negeri Sipil wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Wabup Ridho menerangkan, kegiatan dasar tersebut merupakan upaya meningkatkan daya guna ASN dalam mengembangkan tugas pemerintahan, pembangunan serta masyarakat, menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Menurut Wakil Bupati Ridho, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai tonggak dari birokrasi harus dapat memahami dua kunci utama dalam menghadapi tantangan multidimensi, yaitu adaptasi dan adopsi secara cepat dan cerdas. Baik dalam hal kebijakan dan implementasinya, keahlian dan kompetensi, serta adopsi sistem dan teknologi yang relevan dengan tuntutan era digital.

Gambar

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati berharap setelah menyelesaikan latsar ini para peserta selayaknya mampu menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Latsar secara simbolis ditutup dengan penanggalan Kartu Peserta Latsar Oleh Wabup Ridho disaksikan Peserta dan Tamu undangan yang hadir. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Provinsi Jawa Barat, Dr. Ucup Yusuf dan tamu undangan lainnya. (H. Aboy)

Latsar CPNS Golongan II Wabup Kuningan BKPSDM Kuningan


Loading...