Kecaman KPAI Untuk Kriss Hatta Karena Berpacaran Dengan Anak 14 Tahun

Kecaman KPAI Untuk Kriss Hatta Karena Berpacaran Dengan Anak 14 Tahun
Zigi.id
Editor: Malda Teras Seleb —Rabu, 28 September 2022 08:24 WIB

Terasjabar.id - Aktor Kriss Hatta mengaku berpacaran dengan seorang perempuan yang berusia sekitar 14 tahun. Ini artinya, jarak usia yang dimiliki keduanya adalah 20 tahun. Menanggapi hal ini Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) buka suara.
Komisioner KPAI Retno Listyarti mengkritik hal itu apalagi ketika mengetahui Kriss Hatta memiliki rencana untuk menikahi perempuan itu setelah lulus sekolah. Retno menyebut hal itu berpotensi menjadi glorifikasi perkawinan anak.

Ada 4 poin kecaman yang terkait pengakuan Kriss Hatta pacari anak di bawah umur sebagai berikut:

1. Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang sudah memberi contoh buruk kepada masyarakat terutama remaja dan berpotensi untuk ditiru oleh masyarakat Indonesia;

2. Kriss Hatta menyatakan akan menikah segera dengan sang pacar setelah lulus SMA. Hal ini berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat berjuang menurunkan angka perkawinan anak;

3. Kriss Hatta mengaku sudah dapat restu dari ibunda sang kekasih. Calon mertua disebut melarang Kriss Hatta untuk mempublikasikan hubungan mereka karena takut dikira panjat sosial atau pansos. Hal ini akan berpotensi kuat terjadi glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas jadi ayahnya dengan anak di bawah umur. Jangan sampai dianggap wajar oleh publik;

4. Secara tersirat Kriss Hatta merasa mirip seperti Leonardo DiCaprio karena sama-sama memacari wanita yang lebih muda 20 tahun darinya. Sebagaimana diketahui, Leonardo DiCaprio berusia 47 tahun, sedangkan Gigi Hadid 27 tahun.

Komisioner KPAI itu juga meminta untuk masyarakat tidak mendukung hal yang diungkapkan Kriss Hatta.

"Saya mendorong media massa untuk mengedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta Kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," tegas Retno.

Baca artikel detikHealth, "KPAI Sentil Kriss Hatta Pacaran dengan Gadis 14 Tahun, Ini yang Dikhawatirkan" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6317027/kpai-sentil-kriss-hatta-pacaran-dengan-gadis-14-tahun-ini-yang-dikhawatirkan.


Kriss Hatta Viral KPAI Artis SMP Calon mertua Viral Usia Pernikahan Dini


Loading...