Unik ! Guru di Bandung Barat Lakukan Pembelajaran Menggunakan Tik Tok

Unik ! Guru di Bandung Barat Lakukan Pembelajaran Menggunakan Tik Tok
Foto: Doc. Disdik Kab Bandung Barat/Belajar dengan TikTok
Editor: Malda Teras KBB —Rabu, 28 September 2022 12:07 WIB

Terasjabar.id - Guru di SD Negeri Sukamaju Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat berhasil melakukan inovasi media pembelajaran dengan media sosial masa kini. Guru SD bernama Handriyani Timor, M. Pd menggunakan Tik Tok sebagai media pembelajaran.
Melansir laman Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (Disdik KBB), pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah hal yang menarik.

Terutama mengenai bentuk-bentuk program dan strategi memilih bentuk program yang efektif sesuai dengan kebutuhan.

"Aspek-aspek dalam pengembangan (format, durasi kerja, sumber daya, lokasi) dan manajemen risiko dalam mengelola menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid serta prinsip monitoring, evaluasi dan implementasi dalam pengelolaan program," tulis Handriyani dalam situs Disdik KBB.

Program BTS di SD Sukamaju


Perempuan yang sudah jadi guru sejak tahun 2009 ini menyampaikan bahwa di tengah perkembangan teknologi, guru harus update dengan media pembelajaran berbasis IT.

Terutama media yang sedang diminati oleh peserta didik untuk meningkatkan kepemimpinan peserta didik, minat belajar peserta didik, menjadikan pembelajaran menyenangkan dan bermakna, memanfaatkan gadget untuk hal-hal positif, serta meningkatkan kemampuan peserta didik akan penguasaan teknologi dan mengurangi kecanduan game online.

"SD Negeri Sukamaju melaksanakan program BTS (Buat Tik Tok Suka-Suka) guna meningkatkan kepemimpinan dan minat belajar siswa melalui pembelajaran berbasis digital," ungkapnya.

Solusi bagi Peserta Didik yang Jenuh
Peserta Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Tahun 2021 ini menjelaskan, program BTS ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yakni:

- Sebagian peserta didik jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

- Peserta didik cenderung menggunakan gadget untuk hal-hal yang kurang bermanfaat

- Beberapa siswa kecanduan game online

- Pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Tik Tok sendiri adalah aplikasi media sosial untuk membuat dan berbagi video pendek serta streaming langsung.

Selain itu, selama masa pandemi, orang-orang juga semakin kreatif dan memunculkan hal-hal baru salah satunya membuat video pembelajaran.

Cara Belajar dengan Tik Tok


Adapun langkah-langkah dalam BTS yakni:

1. Memilih aplikasi sesuai topik.

Di sini, guru memilih aplikasi yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan. Setelah itu, penjelasan konsep di mana guru memberikan penjelasan/ konsep awal terkait materi yang akan dibuat video Tik Tok.

Peserta didik didik diperbolehkan memilih materi yang akan dibuat menjadi video TikTok.

2. Peserta didik menyepakati aturan pembuatan konten Tik Tok Pembelajaran.

3. Membuat konten

Pada tahap ini, mereka membuat Video Pembelajaran dengan TikTok secara individu/kelompok.

4. Merangkum pengetahuan.

Peserta didik merangkum pengetahuan yang didapatkan dari Video Tik Tok yang telah dibuat.

5. Refleksi

Peserta didik melakukan refleksi dari hasil pembelajaran.

Dari hasil pembelajaran, Handriyani menyimpulkan bahwa pemanfaatan Tik Tok untuk pembelajaran dapat berpengaruh terhadap terjalinnya kedekatan antara guru dan peserta didik.

Selain itu, Tik Tok juga bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif serta mengurangi stress.

Baca artikel detikedu, "Top! Guru SD di Bandung Barat Ini Gunakan Tik Tok sebagai Media Belajar" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6316113/top-guru-sd-di-bandung-barat-ini-gunakan-tik-tok-sebagai-media-belajar.

Guru SD Viral Bandung Barat Jawa Barat KBB Tik Tok Manajemen Risiko


Loading...