Berikut Beberapa Manfaat Buah Mengkudu yang Harus Anda Ketahui

Berikut Beberapa Manfaat Buah Mengkudu yang Harus Anda Ketahui
ILustrasi (Promag : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 28 September 2022 11:05 WIB

Terasjabar.id -- Pernahkah Anda mendengar nama buah mengkudu? Buah mengkudu atau yang biasa dikenal dengan buah mengkudu merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  

Meski memiliki rasa yang pahit, namun khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Buah mengkudu sebagai obat herbal. Buah mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit dan sangat populer sebagai obat herbal dan suplemen makanan.

Berikut ini rincian manfaat buah mengkudu yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

1. Pereda Kejang Otot

Nama latin untuk buah mengkudu, Morinda citrifolia, telah terbukti membantu mengurangi kejang otot. Dengan konsumsi buah mengkudu secara teratur, Anda memiliki efek relaksasi otot.

Satu studi menemukan bahwa buah mengkudu memiliki sifat antispasmodik yang membantu mengurangi kejang otot dan menghilangkan rasa sakit.

Kejang otot yang disebabkan oleh penyumbatan saluran kalsium menyebabkan ketidaknyamanan. Kondisi terkait kejang ini dapat diobati dengan mengonsumsi buah mengkudu.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Nutrisi dalam buah mengkudu terbukti efektif dalam melindungi kesehatan jantung. Buah mengkudu dapat menenangkan sel otot polos dengan melebarkan pembuluh darah. Noni memiliki sifat vasodilatasi yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik.

3. Menghilangkan Rasa Lelah

Tanaman yang bernilai ekonomis ini berguna untuk menghilangkan rasa lelah. Di kalangan orang Polinesia, manfaat buah mengkudu dikenal luas untuk memerangi kelelahan, meningkatkan kualitas hidup, dan meningkatkan energi.

Olahan buah mengkudu dapat dikonsumsi sebagai jus untuk menuai manfaat dari buah ini. Jus mengkudu telah menunjukkan sifat yang meningkatkan elastisitas, daya tahan, dan kinerja fisik secara keseluruhan.

4. Pelindung Organ Hati

Kaya akan nutrisi yang baik, buah mengkudu dikatakan mampu melindungi hati. Ratu tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini dikenal efektif melindungi hati dari penyakit hati, ternyata memiliki efek hepatoprotektif yang dapat melindungi hati dari paparan sinar matahari.

Kandungan nutrisi pada buah mengkudu dapat membantu melawan penyakit serius seperti kerusakan hati.

5. Sifat Antipsikotik

Buah mengkudu tidak hanya membantu melindungi hati, tetapi juga memiliki sifat antipsikotik. Secara historis, buah mengkudu diyakini efektif dalam mengurangi keparahan berbagai penyakit, termasuk gangguan sistem saraf pusat, ditemukan secara signifikan meningkatkan efek antipsikotik.

Buah yang montok dan berbintik putih ini memiliki manfaat terapeutik untuk kerusakan otak yang disebabkan oleh kekuatan penyembuhan dari kandungan kimia alaminya. Kandungan nutrisi buah mengkudu dipercaya dapat membantu mencegah stres iskemik otak.

Disadur dari Suara.com 

Buah Tropis Buah Mengkudu Manfaat


Loading...