Inilah 5 Jenis Lalapan yang Lezat dan Menyehatkan

Inilah 5 Jenis Lalapan yang Lezat dan Menyehatkan
Ilustrasi (innafood : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 28 September 2022 10:08 WIB

Terasjabar.id -- Bagi penikmat pecel lele atau penyetan ayam tentu tidak asing dengan lalapan, sayuran pendamping lauk yang segar dan menambah nikmat dalam menyantap hidangan. Ternyata fungsi keberadaannya tak hanya sekedar penyejuk mata, tetapi bermanfaat bagi kesehatan.

Dirangkum dari sehatq.com, 5 jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan dan memiliki segudang nutrisi yang bergizi untuk tubuh.

Ikuti INSTAGRAM Kami :




1. Timun

Timun adalah lalapan yang wajib ada di setiap masakan karena kaya akan kandungan air yaitu sekitar 96% sehingga menambah kesegaran dalam menikmati masakan. Menurut sebuah penelitian yang dibuat dalam jurnal Public Health of Indonesia membuktikan bahwa timun dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk memaksimalkan nutrisinya, timun harus dimakan bersama kulitnya.

2. Petai

Walaupun menyebabkan aroma mulut yang kurang sedap, petai memiliki kandungan serat yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar. Selain itu, tingginya serat membuat dorongan untuk makan berlebihan berkurang.

3. Selada

Jika ingin menjaga kesehatan jantung, maka konsumsilah salada karena didalamnya terkandung banyak vitamin K . Vitamin K memegang peranan penting dalam membawa kalsium agar tidak menumpuk di pembuluh darah yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya sumbatan. Vitamin K yang cukup juga dapat mencegah pengeroposan tulang.

Tonton Juga :

4. Daun kemangi


Bentuk daunnya yang kecil dan beraroma khas tidak membuat daun kemangi kehilangan peminat untuk mengonsumsinya. Di dalamnya terdapat senyawa fenolik dan polifenol yang memberikan efek antioksidan. Seperti kita ketahui antioksidan berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

5. Kol

Vitamin C yang terkandung dalam kol ini cukup tinggi. Vitamin ini berperan penting dalam tubuh seperti diperlukan dalam pembetukan kolagen, membantu proses penyerapan zat besi dan sebagai antioksidan yang kuat.

Demikian lima jenis lalapan yang biasa disajikan menemani nikmatnya lauk kita. Jadi sekarang, jika ada lalapan jangan hanya disingkirkan saja, tetapi turut dimakan bersama lauk, agar tubuh mendapatkan segudang nutrisinya. Hanya saja, konsumsi berlebihan tidaklah dianjurkan karena kondisi sayuran dalam keadaan mentah. Selamat mencoba!

Baca Juga :

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Lalapan Sayuran Kesehatan


Loading...