Berikut Beberapa Fakta Polemik Herry IP dan Kevin Sanjaya yang Menjadi Sorotan Publik

Berikut Beberapa Fakta Polemik Herry IP dan Kevin Sanjaya yang Menjadi Sorotan Publik
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 27 September 2022 13:52 WIB

Terasjabar.id -- Para pecinta bulu tangkis nasional pastinya sudah tak asing lagi dengan nama Kevin Sanjaya Sukamulyo. Pemain bulutangkis internasional asal Indonesia tersebut memang bukanlah seorang pemain bulu tangkis yang sembarangan. Berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, pasangan yang dikenal dunia dengan julukan The Minions ini menjadi pasangan yang ditakuti oleh para pebulu tangkis kelas dunia, dan mampu merengkuh berbagai kejuaraan nasional, regional, maupun internasional. Bahkan, disadur dari laman bwfbadminton, pasangan ini tercatat menjadi pasangan yang memecahkan rekor ganda putera berperingkat nomor satu dunia selama 226 pekan, dan menjadi pasangan terlama yang menghuni peringkat pertama dunia hingga saat ini.

Namun sayangnya, belakangan ini hubungan antara Kevin Sanjaya dan sang pelatih, Herry IP tengah mendapatkan cobaan yang cukup berat. Hubungan antara keduanya dikabarkan tengah retak, dan membuat para pecinta bulutangkis nasional menjadi was-was. Karena bagaimanapun, merenggangnya hubungan kedua, dipastikan akan berpengaruh terhadap performa salah satu ganda putera andalan bulu tangkis Indonesia tersebut. Nah, kira-kira apa yang terjadi antara keduanya ya? Kita simak yuk, fakta-fakta polemik Herry IP dan Kevin Sanjaya yang membuat gempar publik pecinta bulu tangkis.


1. Merenggang Sejak Indonesia Open 2022

Fakta pertama mengenai polemik rantara coach Herry IP dan Kevin Sanjaya adalah keduanya mulai renggang ketika pelaksanaan turnamen Indonesia Open 2022 lalu. Disadur dari laman suara.com, kala itu coah Herry IP memberikan kritik terbuka terhadap penampilan Kevin Sanjaya yang tengah menurun. Namun sayangnya, kritikan tersebut disikapi Kevin Sanjaya dengan hati yang sempit. Menurut Kevin, kritikan tersebut harusnya disampaikan secara langsung kepada dirinya, bukan dilontarkan secara terbuka seperti itu.

2. Kevin Tak Mau Lagi Dilatih Coach Naga Api.

Seperti diketahui, buntut dari kritikan terbuka yang dilakukan oleh coah Herry IP kepada Kevin Sanjaya membuat hubungan keduanya merenggang. Sayangnya, hal ini juga merembet ke sisi profesionalitas seorang Kevin Sanjaya. Pasca kejadian di Indonesia Open 2022 yang dilangsungkan pada bulan Juni lalu, Kevin Sanjaya tak mau lagi dilatih oleh coach Naga Api (julukan Herry IP). "Katanya, Kevin sudah tidak cocok berlatih dengan saya. Kalau sudah tidak merasa cocok, ya sudah tidak usah latihan dengan saya," kata Herry IP. Dilansir dari Suara.com, Selasa (27/9/2022)

3. Tak Mempengaruhi Marcus Gideon

Meski sang partner dan sang pelatih tengah terlibat dalam "perang dingin", namun ternyata hal tersebut tidak mempengaruhi seorang Marcus Gideon. Disadur dari laman suara.com, coach Herry IP menyatakan bahwa Marcus Gideon tidak terganggu dengan polemik yang menimpanya dengan Kevin Sanjaya. Bahkan keseharian Marcus dalam berlatih masih normal, meskipun sang partner lebih memilih untuk berlatih di pratama dan mix atau ganda campuran. 

4. Ungkap Perasaan Masa Lalu Kevin

Polemik antara Kevin Sanjaya dan Herry IP semakin meruncing setelah Kevin Sanjaya membeberkan perasaan masa lalunya. Melalui sebuah wawancara dengan salah satu media nasional, Kevin mengungkapkan bahwa sang pelatih kerap menyepelekan kemampuan yang dimilikinya. Kevin mencontohkan, saat race to olympics tahun 2016 lalu, dirinya tak diberangkatkan ke dua turnamen Eropa dan China Open. Menurut Kevin, sang pelatih lebih memilih untuk memberangkatkan atlet bulu tangkis yang memiliki fisik tinggi. Bahkan, Kevin juga mengungkapkan, di final India Open 2016, dia dan Marcus diminta untuk mengalah dari Ricky Karanda/Angga Pratama di final. Sebuah permintaan yang dengan tegas ditolak oleh Kevin dan partner.

5. Kini Fokus Melatih Fajar/Rian

Merasa dikecewakan oleh Kevin Sanjaya, pelatih Naga Api coach Herry IP kini fokus melatih pasangan ganda masa depan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Disadur dari laman suara.com, pelatih yang sarat dengan pengalaman ini menyatakan, tak ingin membesar-besarkan masalah yang berkaitan dengan Kevin Sanjaya, dan lebih memilih untuk fokus melatih di pelatnas. "Masih ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan masih ada yang muda-muda," ujarnya.

Tentu saja kita tak berharap polemik ini semakin membesar. Pasalnya, Kevin Sanjaya dan Herry IP merupakan dua putera terbaik yang dimiliki oleh Indonesia di bidang bulu tangkis dan sering mengharumkan Merah Purih di ajang internasional. Semoga segera ada titik temu ya!

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Kevin Sanjaya Herry IP Bulutangkis PBSI


Loading...