Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D, Baik untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Ikan Salmon (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 26 September 2022 14:21 WIB

Terasjabar.id -- Tahukah kamu kalau dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D ini bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin D. Dengan mencukupi asupan vitamin D ini bisa membantu tubuh mengurangi risiko terjadinya berbagai macam penyakit akibat kekurangan vitamin D salah satunya osteoporosis.

Dimana vitamin D ini berfungsi untuk membuat tubuh tetap sehat,  menjaga imunitas tubuh, dan bisa menyerap kalsium dengan baik agar kekuatan tulang terjaga. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari berjemur dan termasuk makan makanan yang mengandung vitamin D. 

Kemudian jumlah asupan vitamin D bagi anak-anak dan orang dewasa sekitar 15 mikrogram (mcg) atau setara dengan 600 IU. Akan tetapi, kebutuhan vitamin D akan semakin meningkat saat usia sudah memasuki angka 7 tahun ke atas yakni sekitar  800 IU per hari.

Dirangkum dari alodokter, berikut ini adalah empat jenis makanan yang mengandung vitamin D dan baik untuk kesehatan

1. Kuning telur

Kuning telur bisa menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin D dan di dalamnya terdapat sekitar 40 IU. Meskipun demikian, kamu disarankan untuk membatasi konsumsi kuning telur dalam seharinya karena bisa meningkatkan kolesterol jahat LDL. 

2. Jamur

Kemudian makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah jamur dan contohnya seperti jamur tiram. Apalagi jamur tiram ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan bagi kamu yang tidak mengonsumsi hewan atau vegetarian. 

3. Ikan Salmon

Ikan salmon selain sebagai sumber protein dan omega-3 juga mengandung vitamin D. Perlu kamu ketahui bahwa dalam 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak ini terkandung sekitar 450 IU vitamin D. Tidak hanya ikan salmon, ikan sarden juga bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin D. 

4. Tuna kaleng

Tuna kaleng selain mudah diolah juga mempunyai rasa yang enak dan menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin D. 

Dalam satu kaleng ikan tuna ini terdapat sekitar 270 IU vitamin D. Meskipun demikian kita dianjurkan untuk selalu memerhatikan produk ikan tuna kaleng supaya terhindar dari risiko keracunan merkuri. 

Disarankan untuk memilih ikan tuna kaleng yang berlabel light dan membatasi konsumsi setidaknya 100 gram per minggu. 

Nah itulah tadi empat jenis makanan yang mengandung vitamin D dan baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.



Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Vitamin D Makanan Kesehatan Ikan Salmon


Loading...