Berikut Beberapa Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Jerawat Meradang
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 23 September 2022 14:10 WIB

Terasjabar.id - Jerawat meradang merupakan kondisi kulit kemerahan, bengkak dan sakit saat disentuh. Biasanya jerawat meradang ini terbentuk di kulit yang menghasilkan kelenjar minyak yang banyak seperti bagian wajah, leher, punggung hingga dada. Kondisi ini sering kali membuat Anda tidak nyaman dan tidak percaya diri saat berada di tempat umum.

Jerawat meradang ini dapat terjadi pada siapapun mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun. Meski tidak ada obat pasti yang bisa menyembuhkan jerawat meradang, namun ada beberapa perawatan yang efektif dapat mencegah, mengurangi serta menghilangkan jerawat meradang. Simak cara-caranya berikut ini, dirangkum dari laman Healthline.


1. Menggunakan es batu

Es batu menjadi cara efektif untuk mengurangi pembengkakan, rasa nyeri, gatal hingga kemerahan pada kulit yang berjerawat. Anda disarankan untuk mengoleskan es batu di area wajah yang berjerawat. Dikutip dari Healthline, disarankan untuk mengoleskan es batu pada area berjerawat tiga kali sehari.

2. Masker Kunyit

Kunyit mengandung anti-inflamasi dan antiseptik yang baik untuk menyembuhkan kulit berjerawat. Anda dapat mengoleskan masker kunyit ke area berjerawat dan biarkan selama 45 menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan proses ini dua kali sehari. Pastikan untuk berhati-hati saat mengoleskan kunyit langsung ke kulit untuk mencegah iritasi.

Ilustrasi masker kunyit (doktersehat.com)
Ilustrasi masker kunyit (doktersehat.com)

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil mampu mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah. Bahan alami tidak cocok digunakan untuk kulit sensitif yang mampu membuat iritasi kulit.

4. Probiotik

Selain baik untuk sistem pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan kulit salah satunya untuk membantu mengurangi permasalahan jerawat. Adapun olahan makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt, kimchi, kefir dan lain sebagainya.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang mampu membasmi jerawat pada kulit. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskan gel ekstrak lidah buaya pada area jerawat. 

Demikian ulasan singkat cara mengatasi jerawat meradang yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan jerawat meradang.

Disadur dari Suara.com 

Jerawat Meradang Cara Mengatasi Kulit


Loading...