Berikut Kandungan Nutrisi dan Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Berikut Kandungan Nutrisi dan Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan
Ilustrasi (Cooking Light : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 23 September 2022 09:37 WIB

Terasjabar.id - Oatmeal adalah salah satu menu sarapan bagi kebanyakan orang. Anda mungkin pernah mendengar banyak orang mengatakan bahwa oatmeal itu ajaib untuk tubuh Anda, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat oatmeal?

Oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat di dunia. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang yang tidak toleran terhadap gluten dan dapat menjadi sumber vitamin dan serat yang baik.

Oat juga dikenal dengan zat pelindung jantung yang disebut beta-glukan, yang bisa mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko kanker.

Fakta Nutrisi Oat

Nilai gizi dari 1 cangkir (81 gram) oat adalah:

Kalori: 307 gram

Air: 8,7 gram

Protein: 10,7 gram

Karbohidrat: 54,8 gram

Gula: 0,8 gram

Serat: 8.1 gram

Lemak: 5,3 gram

Karbohidrat
Kandungan karbohidrat mencakup sekitar 66% dari oat kering.

Pati
Pati adalah komponen terbesar dari oat. Namun, pati dalam oat sedikit berbeda dari bentuk pati lainnya. Ini memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dan kekentalan yang tinggi.

Serat
Mengandung 11% serat dari gandum. 

Protein
Oat adalah sumber protein yang baik, termasuk untuk vegetarian.

Vitamin dan Mineral yang tergantung dalam Oatmeal

Mangan:
Ditemukan dalam biji-bijian, sangat baik untuk metabolisme.

Fosfor:
Mineral ini penting untuk kesehatan tulang.

Tembaga:
Anti-oksidan, penting untuk kesehatan jantung.

Vitamin B1:
Vitamin yang dapat membantu sel-sel tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi.


Besi:
Protein yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dalam darah.

Selenium:
Penting untuk fungsi mental dan kekebalan.

Manfaat Oatmeal

1. Dapat menurunkan kadar gula darah

 Diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan yang sangat umum. Oatmeal dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang berjuang dengan masalah berat badan.

2. Membantu mengurangi berat badan

Karena kandungan seratnya yang kaya, oatmeal bisa sangat mengenyangkan dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama. Beta-gluten juga dikenal untuk mempromosikan pelepasan peptida.

3. Menurunkan risiko asma anak

Penelitian menunjukkan bahwa pengenalan awal oat ke dalam makanan anak-anak dapat melindungi mereka dari asma.

4. Mendukung bakteri sehat di usus

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air, gel ini membentuk lapisan di perut dan saluran pencernaan. Lapisan ini memberi makan bakteri baik di usus yang meningkatkan laju pertumbuhannya dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

5. Membantu mengatasi sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan umum yang mempengaruhi hampir semua orang. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga feses tetap lunak yang dapat meredakan sembelit.

6. Mengurangi hipertensi dan stres

Karena zat pelindung jantungnya, oatmeal menjaga tekanan darah tetap terkendali. Ini, pada gilirannya, menghasilkan penurunan hipertensi.

Oat juga merupakan makanan yang menenangkan, bubur oat manis hangat di pagi hari dapat membantu Anda memulai hari dengan energi positif dan menjaga stres Anda terkendali.

7. Oatmeal juga baik untuk kulit

Oat kaya akan Seng, menjadikannya pilihan yang luar biasa bagi orang-orang dengan jerawat. Oat juga menyerap kelebihan minyak dari kulit Anda yang merupakan alasan utama lain untuk jerawat.

8. Oatmeal meningkatkan kualitas tidur

Oat meningkatkan produksi melatonin, yang merupakan hormon penting untuk tidur. Mereka juga dapat membantu melepaskan serotonin yang membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

9. Bekerja sebagai obat penenang

Jika Anda benar-benar lelah tetapi tidak bisa tidur, makanlah semangkuk oatmeal. Oatmeal memiliki Triptofan, asam amino yang memiliki sifat sedatif/penenang.

Oatmeal meningkatkan produksi insulin yang bertindak sebagai obat penenang ke otak. Pastikan untuk mengonsumsi oatmeal dengan susu dan pisang untuk tidur malam yang nyenyak.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sel-sel kekebalan Anda dirancang untuk menyerap beta-glukan yang meningkatkan aktivitas sel darah putih dan melindungi dari infeksi.

Senyawa tersebut juga dikenal dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, oatmeal juga mengandung seng yang membantu Anda melawan infeksi. 

11. Dapat meningkatkan kesehatan tulang

Oat kaya akan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Juga kaya akan silikon yang dapat membantu dalam pengobatan patah tulang dan robekan ligamen.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa makan semangkuk bubur oatmeal setiap hari dapat membantu melindungi Anda dari penyakit tulang.

12. Mengobati Cacar Air

Selama berabad-abad, oatmeal telah mengobati cacar air. Di masa lalu, orang biasa menuangkan tepung gandum ke kain tipis yang diikatkan di sekitar keran bak mandi, dan secara berkala memeras airnya. Cara ini digunakan untuk menghilangkan rasa gatal.

Oat memiliki sifat yang tidak hanya dapat melembabkan kulit tetapi juga membantu masalah kulit lainnya seperti eksim.

13. Oatmeal adalah pembersih alami

Senyawa yang disebut saponin ditemukan dalam gandum yang membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori.

Anda dapat menyiapkan susu oat tetapi rendam dalam air dan gunakan sebagai pembersih. Anda juga bisa menggunakan oat giling untuk scrub tubuh yang ringan.

Meskipun oatmeal terlihat keras, scrub oatmeal bisa sangat lembut pada kulit Anda sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk orang dengan kulit sensitif.

14. Mengobati Ketombe

Oatmeal dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Dapat menenangkan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal. Oatmeal juga dikenal dapat memberikan kelembapan dan menghilangkan minyak berlebih.

Selain menghilangkan ketombe, oatmeal juga meningkatkan kilau pada rambut Anda, membuatnya terlihat berkilau.

Oatmeal juga kaya akan lipid yang dapat mencegah ketombe sehingga kulit kepala segar.

15. Menurunkan risiko kanker usus besar

Meskipun oatmeal sangat baik untuk seluruh sistem pencernaan Anda, oatmeal juga sangat baik untuk usus besar Anda.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, penelitian telah menunjukkan bahwa biji-bijian dapat menurunkan risiko kanker kolon. 

Ini juga sangat membantu jika Anda menderita kolitis ulserativa, yang secara langsung mempengaruhi usus besar. 

Sumber: pinkvilla.com (15 health benefits of Oatmeal that you should know)

Disadur dari Suara.com 

Oatmeal Kesehatan Tubuh Manfaat Sarapan Nutrisi


Loading...