Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Setiap Hari pada Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Setiap Hari pada Tubuh
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 22 September 2022 15:14 WIB

Terasjabar.id -- Tak sedikit para ahli yang merekomendasikan oatmeal sebagai sarapan sehat. Selain itu, mengonsumsi oatmeal secara rutin setiap pagi dapat memengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Mengonsumsi gandum atau oatmeal mampu memberikan berbagai manfaat. Dirangkum dari EatingWell, inilah yang akan terjadi pada tubuhmu ketika mengonsumsinya setiap hari.


1. Membuat Kamu Merasa Kenyang Lebih Lama

Oat merupakan salah satu sumber serat yang bagus. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, serat diketahui dapat memperlambat pencernaan sehingga kamu tidak akan merasa lapar dalam waktu yang lebih lama.

Mengonsumsi makanan yang diperkaya akan kandungan serat dapat membantu dalam menghindari lonjakan serta penurunan kadar gula darah serta mengurangi rasa lapar.

Menurut FoodData Central USDA, 1 cangkir oatmeal yang dimasak mengandung 4 gram serat, yang merupakan 16 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

2. Menjaga Saluran Pencernaan

Maggie Michalczyk, RDN, mengungkapkan bahwa oat mempunyai kandungan jenis serat larut khusus yang disebut sebagai beta-glukan. Sementara itu, beta-glukan dapat membentuk konsistensi seperti gel di usus yang dapat membantu dalam menjaga sesuatu yang bergerak dalam saluran pencernaan.

Hal tersebut membuat kamu lebih teratur untuk buang air besar.  Sementara itu, dengan memasangkan oatmeal dengan sumber serat tak larut seperti kacang, irisan apel, ataupun blackberry yang tidak dikupas justru mampu membantu menjaga agar saluran pencernaan menjadi sehat dan mempermudah kamu saat di kamar mandi nantinya.

3. Menurunkan Risiko Terserang Penyakit Jantung

Mengonsumsi semangkuk gandum saat pagi hari bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dapat membantu dalam menurunkan kolesterol LDL “jahat” dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, menstabilkan kadar gula darah, dan semuanya memainkan peran penting dalam meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mempermudah Mengelola Berat Badan

Penelitian juga menunjukkan bahwa sarapan dengan oatmeal dapat mendukung upaya dalam menurunkan berat badan. Ini akan baik untuk mengelolaan berat badan kamu.  

Dalam sebuah ulasan tahun 2021 yang diterbitkan dalam Foods, oat beta-glucan memiliki efek positif pada hiperglikemia, menurunkan kadar lipid darah dan mengurangi berat badan. 

Disadur dari Suara.com 

Oatmeal Kesehatan Tubuh Manfaat Sarapan


Loading...