Berikut Beberapa Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

Berikut Beberapa Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi (Okezone Techno : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 September 2022 10:31 WIB

Terasjabar.id -- Banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan membaca buku adalah kegiatan yang membosankan. Sebenarnya, orang-orang yang beranggapan demikian hanya belum menemukan buku yang bisa membuatnya jatuh cinta pada kegiatan membaca.

Bagi para penggemar buku dan hobi membaca, ada banyak manfaat yang bisa mereka rasakan langsung. Tidak hanya berfungsi sebagai media untuk berimajinasi, membaca buku ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental seseorang, lho!

ikuti INSTAGRAM kami :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Dikutip dari berbagai sumber, yaitu Healthline, Psychology Today, Discover Magazine, serta NAMI, berikut ini adalah beberapa dampak positif atau manfaat bagi kesehatan mental dari membaca buku.

1. Dapat mengurangi stres

Alasan kebanyakan orang membaca buku biasanya adalah sebagai sarana untuk refreshing dan mengurangi stres. Hal ini benar adanya karena ketika membaca buku, tubuh kita akan berada pada keadaan lebih rileks sehingga bisa meredakan detak jantung dan otot yang kaku. Bahkan, membaca buku selama 30 menit sama efektifnya dengan yoga dan humor yang mampu mengurangi stres hingga 68%.

2. Dapat meningkatkan empati

Selain membantu mengurangi stres, membaca buku ternyata juga dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain. Membaca buku khususnya buku fiksi dapat membantu kita memahami apa yang orang lain rasakan dan pikirkan. Membaca buku juga dapat membantu kita dalam menghadapi permasalahan yang terjadi sehari-hari dengan mengadopsi cara tokoh tertentu menyelesaikan permasalahannya.

3. Sarana pelarian yang tepat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu alasan utama seseorang membaca buku adalah sebagai sarana refreshing. Membaca buku dapat membuat kita berimajinasi, keluar dari dunia yang monoton dan rutinitas yang biasa saja. Kita bisa membayangkan apa saja hanya dengan membaca sebuah buku.


4. Dapat meningkatkan memori

Manfaat lainnya dari membaca buku bagi kesehatan mental adalah dapat meningkatkan memori. Hal ini karena pada saat membaca buku, sinyal dan jaringan otak akan menjadi lebih kuat. Saat alur cerita semakin menegangkan, maka semakin banyak pula bagian otak yang ikut menyala seperti bagian otak yang merespon sensasi fisik dan rasa sakit. Membaca juga dapat menambah banyak kosakata baru sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer.

Itulah empat manfaat atau dampak positif dari kegiatan membaca untuk kesehatan mental kita. Ada banyak sekali, bukan? Jadi, mulai sekarang jangan malas membaca, ya!


Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Baca selengkapnya :

Buku Membaca Kesehatan Mental


Loading...