Berikut Niat Sholat Taubat Beserta Tata Cara dan Doa Setelah Shalat

Berikut Niat Sholat Taubat Beserta Tata Cara dan Doa Setelah Shalat
Ilustrasi (Harapan Rakyat : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 19 September 2022 12:44 WIB

Terasjabar.id - Setiap muslim yang merasa penuh dosa dan ingin memohon ampunan dari Allah SWT, maka bisa melakukan sholat taubat. Seperti apa bacaan niat sholat Taubat?

Diketahui, anjuran melaksanakan sholat taubat ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristigfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Lantas, bagaimana bunyi bacaan niat sholat Taubat? Simak berikut ini pembahasannya lengkap dengan tata cara, waktu terbaik, doa setelah sholat.

Bacaan Niat sholat Taubat 

 Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Tata Cara Sholat Taubat

Sholat Taubat ini dianjurkan dilakukan sendirian dan tidak berjamaah. Hal ini dikarenakan sholat taubat merupakan sholat nafilah, yang mana tak disyariatkan untuk dilaksana secara berjamaah.

Agar sholat taubat yang kamu lakukan sah di mata Allah SWT, berikut ini tata cara sholat Taubat yang benar sesuai syariat Islam.

  1. Baca niat sholat taubat 
  2. Baca takbiratul ihram
  3. Membaca doa Iftitah (sunnah)
  4. Baca surat Al Fatihah
  5. Baca surat-surat pendek dalam Alquran
  6. Rukuk 
  7. I’tidal 
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Lalu bangkit lagi sambil mengucap takbir untuk melanjutkan rakaat kedua
  12. Baca surat Al Fatihah
  13. Baca surat-surat pendek dalam Alquran
  14. Rukuk 
  15. I’tidal 
  16. Sujud
  17. Duduk di antara dua sujud
  18. Sujud kedua
  19. Duduk Tahiyat akhir
  20. Salam

Waktu Terbaik Sholat Taubat

Bagi yang akan melaksanakan sholat Taubat, kamu bisa melakukannya kapan saja ketika butuh pengampunan dari Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat. Dengan catatan dalam keadaan suci dari hadas kecil dan hadas besar.

Meski dapat dilaksanakan kapan saja, namun sebagian ulama berpendapat bahwa ada waktu terbaik melaksanaan sholat taubat. Adapun waktu terbaik tersebut yaitu pada 2/3 malam. 

Doa Setelah Sholat Taubat

Usai melaksana sholat Taubat, dianjurkan untuk melanjutkan dengan membaca serangkaian doa Taubat. Adapun rangkaian doa Taubat yakni sebagai berikut:

1. Baca istighfar 100 kali  

"Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi"

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.” 

2. Baca doa sholat taubat 

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Demikian pembahasan mengenai niat sholat Taubat lengkap dengan artinya, tata cara, waktu terbaik, dan doa setelah sholat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Sholat Taubat Tata Cara Niat


Loading...