Polisi Dikabarkan Telah Mengamankan Hacker Bjorka? Ini Respon Mabes Polri

Polisi Dikabarkan Telah Mengamankan Hacker Bjorka? Ini Respon Mabes Polri
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Viral —Kamis, 15 September 2022 11:46 WIB

Terasjabar.id - Polisi dikabarkan telah mengamankan seorang pemuda berinisial MAH (21) diduga terkait dengan hacker Bjorka di Madiun, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022).

Berdasar informasi, hacker Bjorka ditangkap pada Rabu (14/9/2022) sekitar pukul 18.30 WIB. Usai ditangkap yang bersangkutan dibawa ke Polsek Dagangan untuk diperiksa secara intensif.

Terkait dengan kabar ini, Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Nurul Azizah memberikan penjelasan. Ia mengatakan belum dapat menerima informasi adanya penangkapan tersebut.

"Belum terinformasi," katanya.

Sebelumnya, publik di tanah air dihebohkan dengan peretas Bjorka yang mengklaim telah membocorkan dokumen-dokumen kepresidenan, termasuk surat-surat rahasia dari Badan Intelijen Negara atau BIN.

Informasi dirangkum, Sabtu (10/9/2022) Bjorka mengklaim data berukuran 40 MB itu berisi 679.180 dokumen, data-data tersebut dirampas per September 2022.

Jika benar, maka data-data tersebut akan termasuk dokumen dari pemerintahan Presiden Joko Widodo, termasuk yang sifatnya rahasia

"Berisi surat transaksi juga dokumen yang dikirim ke Presiden, termasuk kumpulan surat yang dikirim Badan Intelijen Negara yang berlabel rahasia," tulis Bjorka dalam postingannya di forum online Breached.co.

Sebelumnya Bjorka telah membuat pemerintah kerepotan dengan mengungkap kebocoran data kartu SIM Indonesia yang berjumlah miliaran, data pengguna Indihome, pelanggan PLN, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan beberapa perusahaan lainnya.

Ia menjual data-data tersebut di forum peretas online dengan harga beragam. Belum diketahui apa motif peretas Bjorka ini, tetapi hingga saat ini tampaknya ia hanya ingin mencari keuntungan finansial dari data-data yang dibocorkan.

Disadur dari Suara.com 

hacker Bjorka Mabes Polri BIN Madiun Jabar


Loading...