Berikut Resep dan Cara Membuat Ayam Popcorn

Berikut Resep dan Cara Membuat  Ayam Popcorn
ILustrasi (Resep Istimewa : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Minggu, 11 September 2022 14:42 WIB

Terasjabar.id - Ayam merupakan salah satu sumber protein yang paling mudah diolah. Mulai dari digoreng, dibakar, bahkan dikukus saja ayam akan terasa nikmat untuk disantap.

Di antara berbagai jenis olahan, ayam goreng menjadi salah satu yang paling mudah ditemui. Selain digunakan sebagai lauk di berbagai gerai makanan cepat saji, ayam goreng juga banyak digunakan sebagai camilan seperti ayam popcorn.

Ayam popcorn merupakan olahan ayam dalam bentuk potongan kecil-kecil dengan rasa yang gurih dan tekstur luar yang renyah. Ini banyak ditemukan di mall-mall dengan berbagai rasa tambahan.

Namun, tanpa perlu ke mall, Anda bisa membuat ayam popcorn sendiri dengan modal tiga bahan saja. Ayam popcorn juga bisa menjadi ide yang bagus untuk bisnis karena modalnya yang terjangkau dan cara membuatnya yang mudah.

Berikut resep ayam popcorn dari kanal YouTube Puguh Kristanto Kitchen

Bahan ayam popcorn:

  • 250 gram daging dada ayam
  • 1 sachet tepung bumbu
  • 1 gelas air
  • Minyak goreng

Cara membuat ayam popcorn

  1. Pertama, potong daging ayam menjadi bentuk dadu.
  2. Setelah itu, siapkan dua sendok makan tepung terigu yang sudah dicampur dengan garam, merica, dan penyedap rasa atau gunakan tepung bumbu siap pakai dan larutkan dengan air. Usahakan cairan tidak terlalu cair tapi juga tidak mengental.
  3. Rendam ayam yang sudah dipotong tadi ke dalam larutan tepung bumbu, pastikan semua bahan terendam lalu diamkan selama satu jam supaya bumbunya meresap.
  4. Setelah itu, baluri ayam dengan sisa tepung bumbu. Gunakan wadah yang cukup besar, sehingga ayam bisa langsung dibaluri tepung dengan menggoyangkan wadah saja.
  5. Jika ayam sudah tertutup dengan tepung secara sempurna, goreng ayam dengan api yang sudah panas. Pastikan semua bagian ayam terendam. Gunakan api kecil saja sampai ayam berubah warna menjadi coklat keemasan.
  6. Ayam popcorn siap disajikan.

Selain dada ayam, Anda juga bisa menggunakan bagian ayam yang lainnya. Namun pastikan untuk mengambil bagian dagingnya saja. Taburan bumbu yang digunakan di akhir pun bisa Anda sesuaikan dan memilih untuk tidak menambahkannya juga merupakan hal yang bagus karena rasa ayam popcorn itu sendiri sudah gurih.

Saat paling nikmat untuk menyantap popcorn ayam adalah ketika teksturnya masih renyah dan dagingnya masih hangat. Semakin nikmat, Anda bisa memadukannya dengan sambal atau mayonaise. Meski banyak dijadikan sebagai camilan, ayam popcorn juga cocok dijadikan sebagai lauk. Cukup tambahkan nasi putih hangat, dan rasanya akan semakin lezat.

Disadur dari Suara.com 

Ayam Ayam Popcorn Cara Membuat Resep


Loading...