Inilah Fitur Baru WhatsApp yang Harus Kamu Tau

Inilah Fitur Baru WhatsApp yang Harus Kamu Tau
Ilustrasi (Mint : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Minggu, 11 September 2022 13:53 WIB

Terasjabar.id  - Karena adanya kekurangan pada aplikasi Whatsapp yang sering kali dikeluhkan oleh para pengguna, kini WhatsApp menerapkan beberapa perubahan baru pada aplikasinya. Sehingga dapat memperbaiki beberapa kekurangan pada WhatsApp. 

Lantas, apa saja perubahan baru atau fitur baru WhatsApp 2022? Simak ulasannya! 

1. Mampu mengirim file sudah lebih dari 2 GB

Salah satu perubahan baru yang diterapkan WhatsApp adalah penambahan kapasitas dalam pengiriman file.

Jika dulu WhatsApp hanya mampu mengirim file atau dokumen maksimal berukuran 100 MB saja, maka kini pengguna WhatsApp bisa mengirim file maksimal 2 GB.

Kirim file lebih dari 2GB tersebut hadir pada WhatsApp Android versi 2.22.17.76 serta WhatsApp iOS versi 22.18.76.

Dengan adanya perubahan ini, sekarang kamu bisa mengirim file berukuran 20 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

2. Bisa mute peserta group call

Jika sebelumnya ketika kamu melakukan group call hanya bisa membisukan suara sendiri, perubahan baru pada WhatsApp yang sekarang mampu untuk membisukan suara peserta lain ketika kamu sedang melakukan group call.

Untuk membisukan, pengguna bisa mengetuk dan menahan kolom dari anggota grup yang ingin dibisukan.

Nantinya akan muncul pilihan “mute (nama kontak)” dan “Message (nama kontak)”.

Tekan “Mute (nama kontak)” untuk membisukan panggilan kontak tertentu.

Tidak hanya pada saat grup call, WhatsApp menerapkan perubahan, dimana kamu kini bisa membisukan suara pengguna lain saat melakukan panggilan suara.

Fitur ini telah hadir pada WhatsApp Android dengan versi 2.22.17.76 dan WhatsApp iOS versi 22.18.76.

3. Keluar grup secara diam-diam

Sebagaimana diketahui, selama ini ketika kamu meninggalkan sebuah grup, pasti akan meninggalkan sebuah jejak berupa tulisan “(nama pengguna) telah meninggalkan grup”. Dengan adanya perubahan WhatAapp yang sekarang, kini kamu bisa meninggalkan grup secara diam-diam tanpa meninggalkan jejak.

4. Melihat khusus pesan-pesan yang belum dibaca

Perubahan lain yang diterapkan WhatsApp yakni pengguna bisa melihat khusus pesan mana saja yang belum sempat Ia baca.

Selama ini, pengguna untuk melihat pesan hanya bisa melihat dari kolom “Chat” di mana pesan sudah terbaca maupun belum akan tercampur jadi satu, sehingga cukup menyulitkan untuk memilah apabila menerima banyak pesan.

Kini WhatsApp menerapkan perubahan baru, yakni opsi “Belum dibaca” untuk melihat khusus pesan yang belum dibaca. Caranya adalah dengan melakukan klik pada ikon “pencarian”, kemudian klik tombil “Belum dibaca” untuk memunculkan deretan pesan yang belum sempat terbaca.

5. Ubah waktu hapus pesan

Perubahan lain yang diterapkan WhatsApp adalah WhatsApp memperpanjang batas waktu untuk menghapus pesan yang telah dikirimkan.

Dengan perubahan baru ini, pengguna memiliki waktu lebih banyak untuk berkesempatan menghapus pesan yang telah Ia kirimkan menjadi 60 jam atau 2 hari 12 jam. Kesempatan waktu hapus pesan sebelum diubah adalah hanya 4.096 detik, atau 1 jam 8 menit 16 detik saja.

Penambahan durasi waktu “hapus untuk semua” dari WhatsApp ini sebelumnya telah diumumkan WhatsApp pada Selasa (9/8/2022) lalu.

6. Kirim pesan tanpa simpan nomor

Jika sebelumnya pengguna WhatsApp harus menyimpan nomor seseorang untuk berkirim pesan, kini WhatsApp tak lagi menerapkan aturan itu.

Kini, jika pengguna mengklik nomor yang dikirimkan dari WhatsApp maka akan mendapatkan sejumlah pilihan. Pilihan tersebut adalah untuk langsung berkirim pesan, melakukan panggilan atau menambahkan ke kontak.

Agar bisa berkirim pesan lewat WhatsApp langsung tanpa menyimpan nomor, maka pengguna bisa melakukan klik pada pilihan “Chat dengan (nomor pengguna WhatsApp)”.

Maka selanjutnya pengguna bisa melakukan obrolan tanpa harus menyimpan nomor tersebut.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai fitur2 baru WhatsApp. Gimana tanggapan kamu?

Disadur dari Suara.com 

WhatsApp Aplikasi Olah Pesan Fitur Baru


Loading...