PENTING ! Buah-buahan ini Ampuh Untuk Membersihkan Ginjal

PENTING ! Buah-buahan ini Ampuh Untuk Membersihkan Ginjal
Sindonews Makassar
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 8 September 2022 11:21 WIB

Terasjabar.id - Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang terletak pada pinggang bawah. Meski bentuknya yang kecil, organ ini mampu memproses setidaknya 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, hingga membuang racun di dalam tubuh. Untuk memaksimalkan kinerjanya, bisa mencoba mengonsumsi sejumlah bahan alami untuk membersihkan ginjal.
Pasalnya, jika fungsi ginjal terganggu dan tak bekerja dengan baik, racun di dalam tubuh akan berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya. Hal inilah yang menyebabkan manusia merasakan kelelahan, sakit perut, hingga sakit kepala.

Terlebih, penumpukan racun dan limbah juga bisa menyebabkan batu ginjal. Kondisi ini memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak usia lima tahun. Karenanya, penting untuk menjaga organ ginjal agar tetap bekerja dengan baik.

"Ketika ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, cairan dan limbah menumpuk di tubuh Anda. Seiring waktu, limbah dan cairan ekstra dapat menyebabkan masalah tulang, jantung, dan kesehatan lainnya," kata Patricia Bannan, MS, RDN, dikutip dari Eatthis.

Bahan Alami untuk Membersihkan ginjal
Berikut beberapa bahan alami yang diyakini bisa membantu membersihkan ginjal, di antaranya:

1. Anggur
Anggur, kacang tanah, dan beberapa buah beri mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang disebut resveratrol. Dalam satu penelitian pada hewan, peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan resveratrol mampu menurunkan peradangan ginjal pada tikus dengan penyakit ginjal polikistik.

2. Kranberi
Buah yang satu ini kerap dipuji lantaran manfaatnya yang sangat baik untuk kandung kemih. Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi cranberry kering manis setiap hari selama 2 minggu, mengalami penurunan kejadian infeksi saluran kemih.

3. Jus Buah
Jus lemon, jeruk, melon, memiliki kandungan sitrat yang membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine. Ini berguna menghambat pertumbuhan kristal yang bisa menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, minum secangkir jus segar per hari dapat berkontribusi pada asupan cairan yang direkomendasikan setiap hari.

4. Kurma
Kurma yang direndam dalam air selama 24 jam kemudian dikonsumsi setelah bijinya dibuang akan efektif melarutkan dan membuang batu ginjal. Kurma kaya akan serat, membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga membersihkan ginjal.

Baca artikel detikHealth, "5 Bahan Alami untuk Membersihkan Ginjal, Bantu Keluarkan Racun dalam Tubuh" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6279384/5-bahan-alami-untuk-membersihkan-ginjal-bantu-keluarkan-racun-dalam-tubuh.

Ginjal Buat Viral Buah Pembersih Ginjal organ penting Anggur Jus Buah Rumput Laut


Loading...