Berikut 4 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Turunkan Gula Darah

Berikut 4 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Turunkan Gula Darah
Ilustrasi (Hello Sehat : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 8 September 2022 10:42 WIB

Terasjabar.id -- Gula darah dan  juga lonjakan glukosa berkaitan erat dengan makanan yang Anda konsumsi. Pada umumnya, gula darah lebih diperhatikan pada penderita pradiabetes, diabetes, serta masalah kesehatan lainnya. Karenanya mengontrol kadar gula darah menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan.

Ada kalanya memasangkan makanan tertetu bisa membantu dalam menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali, memungkinkan penurunan yang lebih bertahap, atau justru memperlambat lonjakannya. Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi solusi menurunkan kadar gula darah menurut para ahli seperti yang disadur dari mindbodygreen. 

Ikuti INSTAGRAM Kami :

1. Protein

Protein menjadi salah satu pilihan yang bisa dimasukkan dalam diet Anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan energi Anda. Baik Anda melakukan diet nabati ataupun makan daging, jenis makanan ini juga bagus dalam menjaga kadar gula darah. Dokter pengobatan integratif Bindiya Gandhi, M.D, menjelaskan bahwa protein bisa dalam bentuk nabati maupun hewani, termasuk kacang-kacangan, biji rami, telur, dan biji chia. 

Anda dapat menambahkan satu porsi protein dalam menu makan Anda demi menurunkan gula darah, ini lebih baik daripada mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Diketahui bahwa menambahkan protein hewani ke dalam makan yang akan dikonsumsi akan sangat membantu dalam meredam respons glukosa. Meski demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan jumlah konsumsi yang artinya Anda tidak boleh mengonsumsi semuanya secara berlebihan.

2. Serat

Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama daripada biasanya. Diketahui bahwa makanan berserat bagus untuk tubuh sebab dapat membantu mendukung kadar gula darah yang sehat bagi tubuh Anda. Sementara itu diet tinggi serat dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi lipoprotein maupun kolesterol serta keseimbangan gula darah terhadap pasien diabetes. Dokter Ghandi menyarankan agar Anda menambahkan biji rami, chia, lentil, sayuran hijau apa pun, atau justru kacang-kacangan ke dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

3. Fenugreek

Fenugreek menjadi salah satu tanaman yang mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Akan tetapi, dokter Ghandi mengungkapkan bahwa ini tidak ideal untuk seorang ibu menyusui sebab dapat mempengaruhi suplai ASI. “Diet kaya fenugreek meningkatkan tes toleransi glukosa serta mengurangi glukosa urin dan meningkatkan jumlah kolesterol total dan trigliserida masing-masing,” jelasnya. Anda dapat menambahkan fenugreek dalam bumbu masakan untuk menu diet. 

Tonton Juga :

4. Kayu Manis

Kayu manis juga menjadi salah satu pilihan rempah-rempah yang baik dalam menjaga kadar gula darah. Akan tetapi Anda tetap membutuhkan pola makan serta gaya hidup sehat untuk penunjangnya. Anda dapat memasukkan kayu manis dalam oatmel pagi yang akan Anda konsumsi, atau bisa juga menambahkannya dalam yoghurt Yunani.

Itulah keempat jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan akan lebih baik bila Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter terpercaya.  

Baca Juga :

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Turunkan Gula Darah Kesehatan Diabetes


Loading...