Inilah 3 Inspirasi Olahan Menu Sayur Pakis

Inilah 3 Inspirasi Olahan Menu Sayur Pakis
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 7 September 2022 13:55 WIB

Terasjabar.id - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki lahan pertanian luas serta sumber daya alam melimpah. Sebagai negara agraris, banyak tumbuhan dapat berkembang dengan mudah di Tanah Air.

Salah satu tumbuhan yang dapat berkembang di iklim Indonesia adalah daun pakis. Tanaman hijau berbentuk melingkar ini memiliki segudang khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat pakis diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan otak.

Tak heran bila daun pakis sering diolah dalam berbagai masakan. Meski begitu, masih banyak orang yang kebingungan ketika harus mengolah tanaman tersebut.

Nah, untuk kamu yang bingung dalam mengolah daun pakis, berikut ini kami rekomendasikan inspirasi menu sayur pakis yang mudah dilakukan di rumah. Apa saja?

1. Tumis Pakis

Hidangan sayur yang paling umum kita temukan adalah sayur tumis, seperti tumis kangkung, tumis tauge, tumis buncis, dan lain sebagainya.

Selain itu, ternyata pakis juga bisa diolah menjadi hidangan tumis yang dapat dimasak dengan waktu singkat namun menghasilkan rasa makanan lezat.

Olahan menu sayur pakis ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Bagian pakis yang sering digunakan untuk memasak adalah pucuk pakis, karena bagian tersebut lebih segar dan kriuk atau crunchy.

Untuk mendapatkan hasil tumis sayur pakis yang gurih dengan rasa melezatkan, kamu dapat mengganti air tumisan menggunakan kaldu sapi atau daging ayam.

2. Sayur Pakis Kuah Santan

Selain ditumis, pakis juga dapat diolah menjadi hidangan yang dipadupadankan dengan kuah santan.

Sajian sayur pakis kuah santan akan memberikan rasa masakan dengan rasa gurih dan nendang, terutama jika ditambah tahu atau tempe.

Bahan yang digunakan dalam membuat sayur ini juga sama dengan olahan sayur santan pada umumnya.

Sebelum mengolah pakis menjadi sayur kuah santan, pastikan pakis sudah dibersihkan dengan baik agar tidak menimbulkan rasa kurang sedap.

3. Urap Pakis

Urap merupakan makanan tradisional khas Jawa yang biasanya berisi rebusan daun kenikir, kubis, kacang panjang, tauge, dan bayam dicampur parutan kelapa yang sudah diberi bumbu.

Meski begitu, ternyata pakis juga bisa jadi salah satu sayur yang ditambahkan dalam urap.

Sama halnya dengan cara pembuatan urap pada umumnya, urap pakis juga dicampur dengan parutan kelapa sebelum disajikan. Pengolahannya harus dilakukan dengan tepat agar tidak membuat hidangan ini cepat basi.

Itulah 3 inspirasi menu olahan sayur pakis yang bisa kamu dicoba di rumah. Selain menyehatkan, sayur pakis juga memiliki rasa renyah dan gurih sebagai alternatif sayur lainnya. Selamat mencoba!

Disadur dari Suara.com 

Tumis Olah rekomendasi


Loading...