Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Buah Bit bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Buah Bit bagi Kesehatan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 7 September 2022 09:45 WIB

Terasjabar.id -- Meski sering disebut sebagai buah, ternyata buah bit ini digolongkan sebagai sayuran. Buah bit termasuk kedalam golongan Amaranthaceae-Chenopodiaceae yang masih satu jenis dengan sayur lobak dan jenis sayuran akar lainnya. Buah bit ini memiliki warna merah keunguan serta memiliki rasa yang lezat dan sedikit manis. Buah bit dapat dikonsumsi secara langsung, dipanggang terlebih dahulu, dijadikan tambahan salad, ataupun diolah menjadi jus.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Dari sisi kandungannya ternyata buah bit memiliki beragam jenis zat gizi dan antioksidan, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah di artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat mengonsumsi buah bit bagi kesehatan.

Melansir dari laman Healthline.com, berikut lima diantaranya.

1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah, maka buah bit dapat menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat untuk membantu menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Penelitian dari National Institutes of Health menyatakan bahwa buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Didalam tubuh nitrat akan diubah menjadi molekul oksida nitrat yang berfungsi melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah Anda dapat kembali stabil. 

Selanjutnya penelitian ini juga menjelaskan bahwa efek penstabil tekanan darah pada buah bit ini akan lebih meningkat pada tekanan darah sistolik yaitu saat jantung berkontraksi, dibandingkan dengan tekanan darah diastolik yaitu saat jantung rileks. Selain itu manfaat yang dirasakan juga akan lebih kuat saat Anda mengonsumsi buah bit dalam kondisi mentah, karena kandungan zat gizi dan antioksidannya masih dalam keadaan utuh dan tidak berkurang akibat proses pemasakan.

2. Meningkatkan Performa Tubuh

Mengonsumsi buah bit juga dinilai dapat meningkatkan performa tubuh, khususnya saat melakukan aktivitas olahraga. Kandungan nitrat pada buah bit akan mempengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab untuk memproduksi energi dalam sel tubuh anda. Sehingga meningkatkan kinerja kardiorespirasi, menurunkan tingkat kelelahan serta meningkatkan efisiensi bagi atlet. 


Penting untuk dicatat bahwa kadar nitrat darah mencapai puncaknya dalam 2-3 jam setelah mengonsumsi bit utuh atupun dalam bentuk jus. Oleh karena itu, lebih disarankan mengonsumsinya beberapa jam sebelum melakukan olahraga untuk memaksimalkan manfaat yang akan didapat.

Tonton Juga :

3. Menjaga Keseimbangan Energi

Buah bit memang memiliki kandungan kalori yang rendah, akan tetapi berkat adanya kadar air yang tinggi, serta didukung oleh protein dan serat akan membantu menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh. 

4. Memiliki Sifat Anti Kanker

Buah bit memiliki kandungan betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Dalam sebuah penelitian uji tabung menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu memperlambat laju pembelahan dan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu adanya kandungan betain yang terkonsentrasi dalam darah akan membantu  menurunkan risiko terjadinya berbagai jenis kanker.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kandungan nitrat yang terdapat pada buah bit mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak terutama bagian lobus frontal, sehingga berpotensi meningkatkan fungsi kognitif terutama dalam hal pengambilan keputusan serta memori kerja.

Itulah tadi lima manfaat mengonsusmi buah bit bagi kesehatan, semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Disadur dari Yoursay.id 

Buah Bit Sayuran Kesehatan tubuh Manfaat


Loading...