Berikut Beberapa Manfaat Buah Semangka

Berikut Beberapa Manfaat Buah Semangka
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 6 September 2022 11:34 WIB

Terasjabar.id -- Buah semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara manfaat-manfaat tersebut, salah satunya adalah dapat membuat jantung kita jauh lebih sehat.

Buah semangka mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat kalian peroleh dengan mengonsumsinya, seperti vitamin A, vitamin C, serat, kalsium hingga protein.

Selain karena manfaat yang dimiliknya, semangka juga menjadi salah satu buah yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan segar.

Merangkum dari situs WebMD, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh dari buah semangka:


1.Likopen

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka, yaitu buah ini memiliki kandungan likopen yang mampu menunrunkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik pada tubuh kalian.

Warna merah pada semangka berasal dari likopen dan semangka merupakan buah yang memiliki kandungan likopen terbanyak dibandingkan buah lain. Sebuah studi mengungkapkan bahwa likopen mampu mengurangi risiko kanker dan diabetes.

2.Sunscreen Alami

Ilustrasi Sunscreen (Sumber: www.pexels.com/@moose-photos)
Ilustrasi Sunscreen (Sumber: www.pexels.com/@moose-photos) (sumber:)

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka adalah dapat melindungi kulit kalian dari paparan sinar matahari.

Semangka merupakan buah yang dapat melindungi kalian dari sinar matahari meskipun secara tidak langsung. Kandungan likopen yang terdapat pada semangka dapat mengurangi risiko kulit terbakar akibat sinar matahari.

3.Menyehatkan Jantung

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka adalah dapat menyehatkan jantung bagi yang rutin mengonsumsinya.

Semangka memiliki asam amino bernama citrulline yang mampu melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah kalian. Kandungan likopen pada semangka juga disebut dapat menurunkan risiko serangan jantung.

4.Melindungi Sendi

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka adalah dapat melindungi sendi-sendi yang terdapat pada tubuh.

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi kalian dari radang sendi. Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi buah semangka dapat menurunkan risiko terken penyakit rheumatoid arthritis.

5.Menyehatkan Mata

Ilustrasi mata (Unsplash/Amanda Dalbjrn)
Ilustrasi mata (Unsplash/Amanda Dalbjrn) (sumber:)

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka, yaitu mencukupi kebutuhan vitamin A pada tubuh kalian yang berguna untuk kesehatan mata kalian.

Satu potong buah semangka memiliki kandungan 9-11 persen vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kalian lho.

6.Membantu Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka adalah dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh kalian.

Semangka terdiri dari 92 persen air dan mengonsumsi semangka dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan cairan kalian agar tetap terhidrasi dengan baik. Namun, akan lebih baik apabila kalian tetap minum air putih setiap harinya agar kalian tetap terhidrasi dengan baik.

7.Kulit Lebih Lembut dan Kencang

Ilustrasi Sunscreen (Sumber: www.pexels.com/@moose-photos)
Ilustrasi Sunscreen (Sumber: www.pexels.com/@moose-photos) (sumber:)

Manfaat berikutnya yang dapat kalian peroleh dari buah semangka adalah dapat melembutkan serta mengencangkan kulit.

Kandungan vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C dalam sebuah semangka dapat membantu melembutkan, menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Disadur dari Suara.com 

Buah semangka Manfaat Kesehatan


Loading...