Berikut Beberapa Manfaat Baik Buah Belimbing untuk Kesehatan Ibu Hamil

Berikut Beberapa Manfaat Baik Buah Belimbing untuk Kesehatan Ibu Hamil
Ilustrasi (Bola.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 3 September 2022 12:30 WIB

Terasjabar.id -- Selama hamil, calon ibu pasti membutuhkan banyak nutrisi selama masa kehamilan tersebut. Tidak hanya protein dan serat, beragam vitamin dan mineral seperti kalium, zat besi, asam folat, vitamin A, B, C, dan D juga perlu dipenuhi oleh ibu hamil. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi buah belimbing karena buah tropus ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan.  

Pasalnya dalam buah belimbing ini juga terkandung folat, magnesium, dan selenium. Kemudian kandungan lemak dalam buah ini juga rendah lho. Maka dari itu makan buah belimbing bagi ibu hamil secara tidak langsung sudah memenuhi nutrisi kehamilan. Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah manfaat baik buah belimbing untuk kesehatan ibu hamil: 

1. Baik untuk sistem pencernaan 

Serat adalah salah satu sumber nutrisi yang ada dalam buah belimbing. Kemudian serat ini sangat dibutuhkan ibu hamil guna  membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Pasalnya, perubahan hormon pada ibu hamil seringkali menimbulkan sembelit sejak awal kehamilan. Maka dari itu, bagi ibu yang mengalami keluhan sembelit selama kehamilan dapat makan buah belimbing. 

2. Meningkatkan Imunitas 

Manfaat  buah belimbing untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena dalam buah tersebut mengandung vitamin C. Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah belimbing ini dapat membantu sel dari kerusakan  akibat virus, bakteri, dan radikal bebas, termasuk untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil yang mengonsumsi buah belimbing omi akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit selama masa kehamilan. 

3. Menjaga kesehatan mata 

Vitamin A adalah nutrisi  penting untuk membantu menjaga kesehatan mata. Kemudian kandungan vitamin A pada buah belimbing ini dapat menjaga kesehatan mata atau masalah pada mata lainnya pada ibu hamil.  

Pasalnya, saat tengah hamil ibu hamil disebut bisa mengalami mata kering dan bahkan pada kasus lainnya seorang wanita mungkin dapat memiliki penglihatan kabur atau bintik-bintik di depan matanya. Biasanya, gejala ini muncul ada hubungannya dengan peningkatan tekanan darah selama kehamilan. 


Demikianlah tadi manfaat baik buah belimbing untuk kesehatan ibu hamil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com 

Ibu Hamil manfaat Kesehatan Buah Belimbing


Loading...