Inilah 10 Manfaat Buah Pepaya

Inilah 10 Manfaat Buah Pepaya
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 27 Agustus 2022 10:30 WIB

Terasjabar.id -- Pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan manfaat yang beragam bagi tubuh. Faktanya, buah universal ini dan sangat serbaguna tersebut disukai di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan merupakan salah satu makanan paling bergizi dan sehat.


Dilansir dari Indian Express, Sabtu (27/8/2022), berikut 10 manfaat pepaya yang diantaranya dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan, memperkuat paru-paru, dan membantu kecantikan.

Nutrisi yang sempurna bantu cegah penuaan

150 gram pepaya diketahui hanya akan memberi 60 kalori. Itu mencuri nutrisi yang disediakannya, meliputi serat, kalium, dan vitamin A, C, E, K, dan B, termasuk folat (vitamin B9). Juga mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, besi dan mangan, dan senyawa antioksidan lainnya untuk membantu mencegah penuaan dan timbulnya penyakit gaya hidup.


Memiliki indeks glikemik yang rendah, aman untuk diabetes

Pepaya adalah makanan yang aman untuk penderita diabetes dalam jumlah sedang karena indeks glikemiknya yang moderat. Ini berarti tidak menyebabkan lonjakan gula secara tiba-tiba. Plus, itu baik untuk usus, kaya akan antioksidan, serat, dan memberikan banyak nutrisi yang membantu penderita diabetes meningkatkan kesehatan mereka.


Buah kekuatan yang menyehatkan

Folat yang ada dalam pepaya membantu mengontrol homosistein dalam aliran darah (tingkat homosistein yang tinggi merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung), sedangkan serat di dalamnya menghambat penyerapan kolesterol LDL dalam darah. Juga, potasium membantu meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular dengan meredakan ketegangan di pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.


Penambah kekebalan yang baik

Vitamin A, C, dan E dalam pepaya akan membuat sistem kekebalan tubuh terpompa. Ini adalah bantuan besar jika seseorang ingin menjaga infeksi telinga berulang, pilek, dan flu. Tidak banyak yang tahu bahwa pepaya juga mengandung sejumlah besar asam folat dan banyak zat besi, yang keduanya membantu memerangi anemia dan menjaga kelelahan, sesak napas, pusing, dan sakit kepala.


Pelancar pencernaan

Enzim—papain dan chymopapain—dalam pepaya membantu memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Ini membantu mencegah gangguan gastro dan sembelit. Ini juga melakukan pekerjaan yang lebih besar, karena protein yang tidak tercerna tidak hanya menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat di usus kita, tetapi juga kekurangan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita secara teratur. Faktanya, jika protein dalam makanan kita tidak dicerna dengan baik, dalam jangka panjang bahkan dapat menyebabkan radang sendi, sembelit kronis, ambeien, tekanan darah tinggi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.


Kehadiran folat dan vitamin C dan E dalam pepaya juga mengurangi mabuk perjalanan secara alami. Jadi, mereka yang menghadapi masalah ini, sekarang Anda tahu apa yang harus dimakan sebelum Anda memulai perjalanan panjang.

Anti-inflamasi

Pepaya membantu mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh sehingga bagus untuk tulang karena sifat anti-inflamasinya, bersama dengan vitamin C yang dimilikinya. Pepaya juga mengandung potasium, yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Kehadiran Vitamin K membantu tulang untuk mendapatkan kalsium secara langsung.


Memperkuat paru-paru

Di zaman yang tercemar saat ini, buah ini bisa menjadi penyelamat. Itu karena pepaya meningkatkan kesehatan paru-paru, berkat kehadiran vitamin A. Perokok dan bahkan mereka yang terpapar asap rokok cenderung sangat kekurangan vitamin A, dan rentan terhadap peradangan paru-paru juga.


Bantuan kecantikan Anda

Vitamin C, E, dan karotenoid seperti beta-karoten dan likopen dalam pepaya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Mereka juga bertindak sebagai tabir surya alami, melindungi kulit dari sinar berbahaya, dan oleh karena itu, mencegah kerutan dini. Jadi, makan pepaya adalah rahasia kulit yang bagus. Berkat menjadi sumber mineral dan vitamin, pepaya juga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.


Tonik mata

Karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang ditemukan dalam pepaya melindungi retina mata. Warna oranye pada pepaya karena kandungan beta-karotennya, yang diubah menjadi Vitamin A dalam tubuh membantu mencegah degenerasi makula (masalah penglihatan terkait usia).


Memperkuat saraf

Tembaga tingkat tinggi penting untuk membantu sistem saraf kita berkomunikasi secara efektif dengan bagian tubuh lainnya. Dan kadar tembaga yang signifikan ditemukan dalam pepaya.

Disadur dari Republika,co.id

Pepaya Manfaat Kesehatan


Loading...