Berikut Beberapa Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 26 Agustus 2022 10:16 WIB

Terasjabar.id - Tak banyak orang yang mau dengan sukarela mengonsumsi buah bit. Warnanya yang merah pekat dan aromanya yang sedikit langu, membuat orang tak tertarik mengonsumsinya. Padahal, buah bit ini memiliki manfaat yang sangat banyak, lho.

Sarah Thomsen Ferreira, RD, ahli diet tersertifikat, menyebut bahwa buah bit memiliki manfaat untuk kesehatan kardiovaskular dan jantung. Kombinasi senyawa yang ditemukan dalam bit dikatakan mampu meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan arteri, mendukung kadar homosistein yang lebih rendah, dan mengurangi kolesterol LDL.

Ikuti INSTAGRAM kami :



Apa lagi manfaat buah bit? Simak selengkapnya manfaat buah bit, seperti dilansir dari Cleveland Clinic berikut.

1. Kaya nutrisi namun rendah kalori
Jika Anda mencari sesuatu yang rendah kalori tetapi tinggi nutrisi, buah bit adalah jawabannya. Menambahkan bit ke dalam salad, sup, dan makanan sehari-hari lainnya bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan diet seimbang.

Plus – seperti buah dan sayuran berwarna ungu lainnya – bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Senyawa alami ini melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan bahkan dapat menurunkan risiko penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Sifat antiinflamasi
Peradangan yang sedang berlangsung dalam tubuh terkait dengan beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, asma, dan obesitas. Untungnya, bit memiliki sejumlah manfaat anti-inflamasi, berkat kandungan betalain yang tinggi. Semua kebaikan ini bisa Anda maksimalkan dengan mengonsumsi buah bit dalam bentuk jus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jus bit mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Satu studi pada tahun 2014 menemukan bahwa kapsul betalain dengan ekstrak bit membantu meredakan nyeri sendi akibat osteoartritis.

3. Tinggi serat
Menambahkan bit ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat. Satu cangkir bit mengandung 3,8 gram serat. Manfaat serat sangat banyak, mulai dari membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan yang sehat, hingga menurunkan kadar kolesterol. Plus, diet serat yang seimbang dapat mengurangi risiko Anda untuk terkena kanker usus besar, penyakit jantung dan penyakit radang usus (IBS).

4. Tinggi nitrat
Menurut Thomsen Ferreira, buah bit mengandung nitrat, yang membantu membuka pembuluh darah. Itu dapat membantu tekanan darah dan juga dapat meningkatkan kinerja atletik dan fungsi otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus bit sebelum berolahraga akan meningkatkan daya tahan kardiorespirasi - memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama. Ini karena nitrat yang ditemukan dalam bit diubah menjadi asam nitrat dalam tubuh Anda, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah. Ini meningkatkan fungsi paru-paru dan juga memperkuat kontraksi otot.

Tonton Juga :

Nitrat dalam bit juga membantu menurunkan tekanan darah jika Anda menderita hipertensi, menurut sebuah penelitian. Memang, jus bit telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik.

Plus, diet kaya nitrat juga telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Karena nitrat memperlebar pembuluh darah, ini memungkinkan peningkatan aliran darah ke otak, yang bermanfaat bagi fungsi kognitif.

5. Sumber potasium yang bagus
Bit juga merupakan sumber potasium yang baik, yang membantu menciptakan pembuluh darah yang lebih fleksibel untuk menurunkan tekanan darah. Demikian dikatakan Thomsen Ferreira.

Nah, sekarang Anda sudah tahu lima manfaat buah bit untuk kesehatan. Tapi, ada satu peringatan yang harus Anda tahu: Bit kaya akan oksalat, yang dapat berkontribusi pada batu ginjal. Jika Anda memiliki batu ginjal, konsumsi bit dalam jumlah sedang saja, ya.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com 

Buah Bit Kesehatan Manfaat


Loading...