Inilah 5 Manfaat Minum Teh Peppermint Secara Rutin!

Inilah  5 Manfaat Minum Teh Peppermint Secara Rutin!
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 25 Agustus 2022 09:24 WIB

Terasjabar.id -- Biasanya daun peppermint atau nama ilmiah Mentha Piperita ini dijadikan campuran dalam olahan pasta gigi atau permen. Selain itu, ternyata daun peppermint bisa dijadikan sebagai seduhan teh. Jika kamu mengonsumsi daun ini maka kamu akan merasa segar. Mengutip dari ulasan sehatq.com, ternyata dari dua sendok makan daun peppermint sebenarnya memiliki berbagai kandungan nutrisi untuk tubuh. 

Ditinjau oleh dr. Reni Utari dalam sehatq.com, daun peppermint ada berbagai sumber mineral yang bagus untuk tubuh yaitu Kalium, Kalsium, Vitamin A, Vitamin C, Folat. Berikut kelima khasiat meminum teh peppermint secara rutin di bawah ini.

1. Teh Peppermint Bisa Memperbaiki Saluran Pencernaan

Meminum teh peppermint bisa membantu meredakan beberapa gangguan pada saluran pencernaan seperti kondisi perut kembung dan perut yang penuh gas.

Dikutip dari tinjauan dr. Merry Dame Cristy Pane dalam alodokter.com, daun ini dinilai dapat mendorong untuk meringankan kontraksi otot polos di saluran pencernaan, sehingga kram yang menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut dapat mereda.

2. Menjadi Obat Sakit Kepala 

Mengutip dr. Aloisia Permata Sari Rusli dalam sebuah tinjauan doktersehat.com, meminum teh peppermint dapat bertindak sebagai relaksan otot dan juga berkhasiat sebagai pereda nyeri alami. Oleh karena itu, daun peppermint telah diyakini dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal untuk meredakan sakit kepala tegang.

3. Membuat Nafas Menjadi Segar

Meski daun peppermint bisa menyegarkan napas saat digunakan dalam bentuk pasta gigi, daun peppermint juga bisa memberikan manfaat yang sama saat dikonsumsi dalam bentuk teh.


Menurut dr. Reni Utari, sifat antibakteri pada daun peppermint ini diyakini akan membantu membasmi bakteri pada tumpukan plak gigi yang biasanya menjadi penyebab bau mulut.

4. Memperbaiki Saluran Pernapasan

Bentuk dan ukuran daun peppermint meski kecil, berdasarkan pendapat dr. Merry Dame Cristy Pane yang telah dimuat dalam alodokter.com, daun ini kaya akan zat antibakteri, antivirus dan anti-inflamasi yang dipercaya bisa membantu mengatasi hidung tersumbat akibat infeksi maupun alergi.

Oleh karena itu, dengan cara menghirup uap dari teh peppermint juga akan membantu membuka jalan udara pada saluran pernapasan.

Tonton Juga :

5. Membantu Meringankan Sakit Kram saat Menstruasi 

Khasiat yang kelima dari mengonsumsi teh peppermint adalah teh ini bisa meringankan sakit kram yang dialami ketika menstruasi. Hal ini senada dengan penuturan oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli yang menjelaskan bahwa daun peppermint memiliki sifat sebagai relaksan otot dan pereda nyeri.

Pandangan ini diperkuat dengan penelitian yang diulas oleh doktersehat.com, penelitian yang dilakukan menggunakan ekstrak daun peppermint ini terbukti membantu mengurangi intensitas nyeri dan durasi saat kram mestruasi berlangsung.

Baca Juga :

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 


Peppermint Teh Manfaat Kesehatan


Loading...