Berikut Beberapa Tips Alami Untuk Menghentikan Gejala Bersin

Berikut Beberapa Tips Alami Untuk Menghentikan Gejala Bersin
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 24 Agustus 2022 09:57 WIB

Terasjabar.id -- Bersin secara terus-menerus tentunya akan sangat menjengkelkan dan membuat kita sebal karena pada kenyataannya, bersin secara terus-menerus sangatlah melelahkan dan membuat hidung tidak nyaman serta membuat mata berair.

Bersin merupakan bentuk reaksi dari tubuh kita untuk menghilangkan iritasi yang terjadi pada hidung kita, bisa itu karena alergen seperti debu, bulu hewan peliharaan, dingin ataupun udara yang kotor.

Bersin adalah mekanisme pertahanan pertama dari tubuh kita untuk melawan bakteri asing yang dapat menyerang tubuh kita dengan cara membersihkan saluran udara di hidung kita.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Meskipun bentuk reaksi dari tubuh ini bertujuan untuk kebaikan kita, tetapi tak jarang kita akan merasa jengkel dan membuat hidung kita tidak nyaman ketika bersin secara terus-menerus.

Banyak metode yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin, kalian dapat simak terlebih dahulu ulasan tentang tips-tips alami untuk menghentikan gejala bersin yang dapat kalian terapkan:

1.Uap Air Panas

Tips pertama yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan menghirup uap dari air panas.

Uap air panas dapat membantu kalian untuk membersihkan saluran hidung, menangani hidung yang meler serta sebagai obat alami untuk menghadapi flu dan pilek.


Kalian dapat mengambil air panas dan tuangkan pada sebuah mangkuk, lalu hirup uap air panas tersebut sampai hidung kalian membaik.

Cara ini juga dapat kalian lakukan menggunakan segelas teh panas dengan memanfaatkan uap dari teh panas tersebut untuk meredakan gejala bersin.

2.Cubit Hidung

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan mencubit hidung kalian.

Cara ini merupakan salah satu cara yang terbukti efektif serta instan untuk menghentikan gejala bersin.

Ketika kalian merasa ingin bersin, kalian dapat langsung mencubit hidung kalian selama beberapa detik sampai kalian tidak dapat bernapas agar gejala bersin tersebut dapat hilang.

3.Minyak Kayu Putih

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih merupakan minyak esensial yang memilik serai wangi yang dapat meningkatkan sekresi dahak melalui saluran udara.

Kalian dapat menghirup minyak kayu putih untuk menghilangkan gejala bersin dan membersihkan saluran hidung kalian dari alergen yang menjadi sumber utama kalian mengalami bersin-bersin.

4.Konsumsi Vitamin C

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan mengonsumsi vitamin C.

Dengan mengonsumsi vitamin C yang terdapat pada buah jeruk ataupun lemon, kalian dapat mengurangi gejala bersin walaupun secara tidak langsung.

Vitamin C berperan untuk melawan bakteri di dalam tubuh serta meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit, termasuk pilek dan juga alergi yang menjadi penyebab utama bersin-bersin.

5.Menggelitik Langit Mulut

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan menggelitik langit-langit mulut kalian.

Cara ini merupakan salah satu kepercayaan turun-temurun yang terbukti ampuh untuk menghilangkan gejalan bersin.

Gelitik langit-langit mulut kalian menggunakan ujung lidah kalian selama beberapa detik untuk menghilangkan gejala bersin, menggeltik telinga juga diyakini dapat menghilangkan gejala bersin.

6.Hindari Melihat Cahaya Secara Langsung

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan menghindari melihat cahaya secara langsung.

Bersin fotik merupakan kondisi dimana kita akan bersin-bersin ketika melihat cahaya secara langsung, seperti sinar matahari atau lampu kamar.

Bersin fotik ini diturunkan dari anggota keluarga kita dan sebanyak sepertiga orang mengalami kondisi bersin fotik ini.

Jadi, hindari melihat cahaya secara langsung agar kalian tidak mengalami gejala bersin-bersin yang membuat hidung kalian tidak nyaman.

7.Hindari Pemicu Bersin

Tips terakhir yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan gejala bersin adalah dengan menghindari pemicu bersin.

Pada kenyataannya, tips terampuh yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan bersin adalah dengan menghindari atau mencegah pemicunya.

Banyak faktor-faktor yang menjadi penyebab kalian bersin-bersin, seperti debu, merica, parfum, bulu hewan, virus flu hingga udara dingin.

Jadi, pastikan untuk menghindari pemicu bersin sesuai dengan apa yang memancing hidung kalian bersin secara terus-menerus.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com 

Gejala Bersin Tips Alami Kesehatan


Loading...