Kelebihan dan Kekurangan Ikan Sapu-sapu, Bisa dikonsumsikah ?

Kelebihan dan Kekurangan Ikan Sapu-sapu, Bisa dikonsumsikah ?
isw group
Editor: Malda Life Style —Senin, 22 Agustus 2022 14:57 WIB

Terasjabar.id - Manfaat ikan sapu-sapu yang paling umum adalah untuk membersihkan akuarium. Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan.

Di Indonesia, ikan ini dikenal sebagai ikan hias yang dipelihara dan dimanfaatkan sebagai pembersih akuarium maupun bak kamar mandi, karena dikenal sebagai pemakan alga atau lumut.


Seperti yang kita tahu bahwa ikan hias yang biasa dipelihara di dalam akuarium umumnya memiliki warna menarik seperti oranye, merah, kuning, putih, biru, dan warna cerah lainnya.

Berbeda dengan ikan sapu-sapu yang justru memiliki tampilan warna hitam atau abu-abu, namun memiliki corak yang sangat beragam tergantung dari spesiesnya. Ada yang bercorak loreng, bergaris, dan bercorak bintik-bintik.

Ikan ini termasuk ke dalam kategori ikan pemakan segalanya, seperti lumut, alga, dan sebagainya. Ikan hias ini juga bisa menyantap hewan kecil.

Keunikan ikan sapu-sapu

Keunikan dari ikan sapu-sapu adalah mudah beradaptasi. Ikan ini termasuk ikan air tawar yang umum hidup di akuarium, namun ternyata juga bisa beradaptasi dimanapun seperti di sungai, danau, air payau, bahkan di kolam.

Keunikan lainnya dari ikan tersebut adalah mempunyai waktu hidup cukup lama. Hal ini disebabkan oleh kemampuan ikan ini dalam beradaptasi.

Selain itu, dikarenakan ikan ini bernafas melalui kulit sehingga bisa bertahan selama 30 jam tanpa air.

Lalu pertanyaannya adalah, apakah ikan sapu-sapu bisa dikonsumsi? Jawabannya adalah iya. Ikan air tawar ini rupanya dapat dikonsumsi.

Namun, sebelum mengonsumsi ikan satu ini, perlu diketahui terlebih dahulu habitat atau asal usulnya darimana.

Jika ikan sapu-sapu yang akan dikonsumsi berasal dari sungai yang sudah tercemar, maka tentu saja tidak aman untuk dikonsumsi.

Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan ini merupakan ikan pemakan segala. Sehingga, kita tidak tahu apa saja makanan yang dimakan, bisa jadi berupa zat berbahaya.

Akan tetapi, jika ikan  yang akan dikonsumsi merupakan ikan peliharaan yang dipelihara di akuarium atau tempat budidaya, maka ikan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Ikan air tawar ini saat dikonsumsi ternyata memiliki manfaat baik bagi tubuh. Nah, berikut ini ada beberapa bahaya dan manfaat dari ikan air tawar tersebut, antara lain.

Bahaya Ikan sapu-sapu

Ikan sapu-sapu dikenal sebagai ikan yang berbahaya jika dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam beradaptasi serta bisa memakan jenis makanan apapun.

Berikut adalah 5 bahaya mengonsumsi ikan sapu-sapu, diantaranya:

1. Mengandung logam tinggi

Ikan sapu-sapu terbilang sebagai ikan kuat yang bisa hidup dimana saja, meski air tercemar limbah sekalipun. Oleh karena itu, tidak heran jika ikan ini mengandung logam yang cukup tinggi.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ikan tersebut yang hidup di sungai tercemar, mengandung logam berbahaya tingkat tinggi, misalnya seperti merkuri, timbal, dan logam berat lainnya yang akan sangat berbahaya jika dikonsumsi.

2. Gangguan ginjal

Mengonsumsi ikan sapu-sapu secara sembarangan juga bisa menyebabkan efek yang sangat berbahaya bagi tubuh, yakni meningkatkan resiko terjangkitnya penyakit serius, seperti gangguan ginjal.

Hal ini dikarenakan daging ikan tersebut mengandung kadmium yang berpotensi besar dapat merusak ginjal dengan cara menimbulkan iritasi dalam waktu yang cukup lama.

3. Kerusakan fungsi hati

Dampak mengerikan dari mengonsumsi ikan sapu-sapu yang tidak diolah dengan tepat adalah terjadinya kerusakan fungsi hati.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar tembaga dan kadmium yang terkandung dalam daging ikan air tawar tersebut, berpotensi bisa melukai bagian dinding hati.

Untuk itu, jika ingin mengonsusinya, maka cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara yang tepat untuk mengolahnya agar aman dikonsumsi.

4. Kerusakan paa otak

Bahaya paling buruk yang terjadi akibat mengonsumsi ikan sapu-sapu adalah terjadi kerusakan pada otak.

Bahaya ini akan terus meningkat jika ikan tersebut tidak diolah dengan baik dan dikonsumsi secara terus menerus.

Seperti yang kita tahu bahwa otak merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Mengingat pentingnya fungsi otak bagi tubuh, maka perlu dijaga dengan baik.

5. Gatal-gatal pada kulit

Tidak hanya memberikan dampak buruk bagi organ dalam, mengonsumsi ikan sapu-sapu juga bisa berdampak pada kulit, yakni dapat menyebabkan gatal-gatal.

Hal ini dikarenakan ikan air tawar ini yang hidup di sungai tercemar telah terpapar zat-zat berbahaya, sehingga jika dikonsumsi tanpa melalui proses yang benar, maka akan menimbulkan efek buruk pada kulit seperti gatal-gatal.

Baca juga: Fungsi Usus Besar, Bagian-Bagian Serta Gangguan Fungsinya

Manfaat Ikan sapu-sapu

Walaupun ikan sapu-sapu yang hidup di sungai bisa memberikan dampak berbahaya bagi tubuh, namun ternyata juga memiliki manfaat baik, loh. Adapun manfaat ikan ini, diantaranya:

1. Sebagai pembersih akuarium

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ikan sapu-sapu dianggap sebagai ikan pembersih sebab ikan ini termasuk ke dalam kategori ikan pemakan segalanya.

Jadi, jika diletakkan di dalam akuarium, maka ia akan memakan semua lumut dan kotoran yang menempel pada akuarium. Sehingga, akuarium akan menjadi bersih tanpa harus dikuras.

Mulutnya berada di bagian bawah kepala, berbentuk seperti cangkir hisap, sehingga memudahkan ia untuk menghisap dan memakan alga atau ganggang yang menempel di permukaan halus dan kasar.

2. Sebagai ikan hias

Walaupun warna ikan sapu-sapu kurang menarik, yakni hitam ataupun abu-abu, nyatanya ikan ini banyak dibudidayakan sebagai ikan hias.

Banyak orang yang suka dengan warna ikan ini yakni warna gelap yang dikombinasikan dengan totol-totol putih.

Bahkan, ikan ini diekspor ke Indonesia untuk dibudidayakan dengan harga yang cukup mahal. Mengingat ikan ini berasal dari negara lain yakni Amerika.

3. Bisa dikonsumsi

Ikan sapu-sapu bisa dikonsumsi dengan catatan harus dalam proses pengolahan yang tepat. Selain itu, perlu diketahui terlebih dahulu habitat ikan  yang akan dikonsumsi.

Jika ikan yang akan dikonsumsi berasal dari perairan yang bersih atau hasil budidaya, maka aman untuk dikonsumsi. Namun, jika berasal dari sungai yang tercemar, maka sebaiknya jangan dimakan.

Cara mengonsumsi ikan ini adalah dengan menjadikannya sebagai pengganti bahan baku pembuatan jajanan seperti siomay, batagor, atau bakso.

4. Menjaga kesehatan kulit

Jika kamu yang selalu merawat kulit karena ingin memiliki kulit sehat, kamu bisa mengonsumsi ikan sapu-sapu.

Sebab, ikan ini ternyata ampuh menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab, lembut, tidak kering dan terlihat lebih bercahaya.

Kamu bisa mengonsumsi ikan air tawar tersebut namun harus dengan cara pengolahan yang tepat.

5. Menambah energi

Manusia membutuhkan energi untuk bisa melakukan aktivitas. Energi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi kemudia tubuh mengolahnya menjadi energi.

Mengonsumsi makanan yang tepat mampu memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk bisa melakukan aktivitas. Salah satu makanan yang bisa menambah adalah ikan sapu-sapu.

Ikan sapu-sapu dianggap mampu menambah energi. Jika kamu suka melakukan aktivitas berat, kamu bisa mengonsumsi ikan ini agar kebutuhan energimu selalu terpenuhi.

6. Menghilangkan stress

Segudang aktivitas yang kamu lakukan setiap hari, selain dapat menguras energi juga bisa membuatmu menjadi stress.

Tidak hanya itu, stress juga bisa datang dari beberapa faktor salah satunya adalah kebanyakan pikiran. Jika stress tidak diatasi dengan cepat maka akan menimbulkan efek buruk lainnya, terutama bagi kesehatan.

Untuk menghilangkan stress kamu bisa mengonsumsi ikan ini yang terbukti mampu menghilangkan stress dan membuat mood mu menjadi baik setiap hari.

(Sumber: Dailysia.com)

ikan sapu-sapu viral kelebihan kekurangan ikan sapu-sapu amerika selatan oranye


Loading...