Masyarakat Penyangga Kawasan TNGC Rayakan Hut RI Bersama Menteri LHK

Masyarakat Penyangga Kawasan TNGC Rayakan Hut RI Bersama Menteri LHK
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 18 Agustus 2022 09:53 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 bagi masyarakat penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan, merupakan perayaan yang sangat spesial. Pasalnya upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2022 kali ini dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya selaku Pembina Upacara pada peringatan HUT Kemerdeaan Republik Indonesia (RI) ke 77 di Lapangan Desa Trijaya, yang berbatasan dengan kawasan TNGC Kuningan, Rabu (17/08/2022).

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Dengan mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" Menteri Siti Nurbaya menyampaikan kata sambutan Presiden RI Joko Widodo.



Presiden Jokowi dalam amanat tertulis, terus mendorong para Menteri, dan aparat, birokrat, unit kerja lapangan untuk bekerja bersama masyarakat dan untuk masyarakat.

Gambar

"Kita harus bahu membahu untuk mempercepat pemulihan kondisi Indonesia di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapi berbagai tantangan yang cukup kompleks. Banyak makna dan harapan yang tersimpan dalam tema ini, yang dapat kita jadikan pendorong semangat baru untuk terus tumbuh dan maju," ungkapnya.


Dalam konteks ini, KLHK bekerja dan terus mendorong kolaborasi para pihak dalam upaya mencapai tujuan pemulihan lingkungan dengan segala tantangan, baik secara global maupun yang ada di tengah-tengah masyarakat.Tentu saja, upaya terus diintensifkan penanganannya, seperti mengendalikan illegal logging, pengendalian pencemaran lingkungan, menata kawasan hutan, mengurangi emisi gas rumah kaca yang merusak atmosfer. Sudah ada instrumen regulasi yang cukup lengkap begitupun telah mulai ada rencana operasionalnya, ungkapnya.

"Mari kita terus kerja keras dan konsisten, serta terus memberikan sumbangsih capaian terbaik pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya, bagi negeri tercinta. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia tercinta," ujar Siti Nurbaya.

Tonton Juga :

Gambar
Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) selaku Pemimpin Upacara, acara diikuti oleh para Pejabat Madya dan Pratama KLHK, Forkopimcam Mandirancan, dan Kepala Desa Trijaya. Sedangkan barisan peserta upacara diikuti oleh kelompok tani hutan, mitra masyarakat polisi kehutanan, masyarakat peduli api, organisasi masyarakat, kelompok masyarakat dan koperasi binaan balai BTNGC, organisasi kepemudaan dan para pegawai BTNGC 430 orang.

Usai upacara dilanjutkan temu wicara antara Menteri LHK Siti Nurbaya dengan masyarakat binaan TNGC yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP), serta diwarnai berbagai lomba tradisional yang diikuti untuk masyarakat Trijaya dan sekitarnya.(H. Aboy)

Baca Juga :

TNGC HUTRI 77 Kuningan LHK Siti Nurbaya Presiden RI Joko Widodo


Loading...