WALI KOTA CIMAHI: REFLEKSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERINGATAN HUT RI KE-77

WALI KOTA CIMAHI: REFLEKSI NILAI-NILAI PANCASILA  DALAM PERINGATAN HUT RI KE-77
Editor: Epenz Teras Cimahi —Kamis, 18 Agustus 2022 08:54 WIB

Cimahi, Terasjabar.id -- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022 digelar Pemerintah Kota Cimahi di Lapangan Rajawali Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (17/08).

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tingkat Kota Cimahi diselenggarakan secara tertib dan khidmat, dihadiri oleh Ketua DPRD beserta seluruh anggotanya, mantan Wakil Wali Kota Cimahi, Unsur Forkopimda, Kesatuan TNI AD Kota Cimahi, Kepala Instansi Vertikal, Perangkat Daerah Kota Cimahi, Rektor dan Ketua Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi, Direktur Rumah Sakit, Pimpinan Bank, Pimpinan BUMN, Ketua MUI Kota Cimahi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Lembaga Kecamatan dan Kelurahan, Ketua Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perwakilan Sekolah, dan elemen masyarakat Kota Cimahi.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Gambar

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana menegaskan bahwa harga dari sebuah kemerdekaan amat lah mahal karena dibayar dengan perjuangan dari para pahlawan dalam melawan penjajah dari bumi Indonesia yang bukan saja telah menginjak-injak kehormatan dan harga diri bangsa, tapi juga telah menumpahkan darah, bahkan melenyapkan ribuan nyawa rakyat Indonesia di masa lampau.

Ia menyebutkan kewajiban rakyat Indonesia di masa sekarang untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa, “Sudah sepantasnya bagi kita sebagai anak bangsa untuk memperingati kembali kemerdekaan NKRI hari ini,” tegasnya.

Ngatiyana juga mengingatkan peringatan kemerdekaan RI hendaknya bukan sekedar upacara menaikkan sang saka merah putih, atau hanya mengenang heroisme para pahlawan, “Lebih dari itu, peringatan ini merupakan bentuk refleksi terhadap segala dinamika yang kita jalani dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Ngatiyana. “Mari bangkit Bersama-sama, sesuai dengan tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” lanjutnya.

Tema HUT Kemerdekaan RI ke-77 merefleksikan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global. Merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju indonesia maju.

Gambar

Selama masa pandemi COVID-19, bangsa Indonesia menghadapi tantangan di berbagai aspek kehidupan mulai dari ekonomi hingga sosial budaya, namun berkat sinergitas semua elemen bangsa yang bergerak bersama dan bergotong royong untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global.

Tonton Juga :

Terakhir, Ngatiyana mengingatkan bagaimana Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada, “Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Insdonesia maju,” tandasnya.

Bertindak selaku komandan upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tersebut Mayor Arm. Puji Wardoyo, Pembaca naskah proklamasi Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad. Pembaca naskah Pancasila Kasdim 0609 Mayor CHB Brilly Luckyanto, dan pembaca naskah pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan  (Bidang IKPS/Dy)

Baca Juga :

Wali Kota Cimahi HUT RI Ke-77 Pancasila Cimahi Tengah


Loading...