Inilah Beberapa Manfaat Rutin Mengkonsumsi Buah Apel untuk Kesehatan

Inilah Beberapa Manfaat Rutin Mengkonsumsi Buah Apel untuk Kesehatan
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 16 Agustus 2022 13:12 WIB

Terasjabar.id -- Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah apel. Buah apel termasuk buah yang popular dan mudah didapatkan. Namun, tahu kah kamu ternyata buah apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Tidak hanya bisa dimakan langsung, apel juga bisa Kamu olah menjadi banyak makanan, misalnya ditambahkan ke salad buah atau sebagai bahan utama dalam pie.

Melansir halaman halodoc, berikut beberapa manfaat rutin mengkonsumsi buah apel untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan 

Apel merupakan salah satu buah yang kaya serat dan air, dua hal yang bisa membuat Kamu kenyang lebih lama. Orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang daripada mereka yang tidak. Mereka yang makan apel sebelum makan juga mengonsumsi rata-rata 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Dengan demikian, mereka yang makan apel sebelum makan besar kemungkinan kehilangan total 1 kg dibandingkan dengan mereka yang makan panekuk gandum dengan kandungan kalori dan serat yang sama.

2. Menjaga kesehatan jantung

Makan apel secara teratur juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Hal ini berkat kandungan serat larut yang merupakan jenis serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Apel juga mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan dan sebagian besar terkonsentrasi di kulit. Jadi lebih baik tidak mengupas apel. Asupan tinggi flavonoid juga telah dikaitkan dengan 20% penurunan risiko stroke. Flavonoid dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL "jahat", dan bertindak sebagai antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes

Institut Kesehatan Nasional AS menemukan bahwa makan apel sehari dikaitkan dengan penurunan 28% risiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak makan apel secara teratur. Makan beberapa apel seminggu juga memiliki efek perlindungan pada tubuh. Hal ini diduga karena kandungan polifenol dalam apel yang dapat mencegah kerusakan jaringan sel beta pankreas. Sel beta ini memproduksi insulin dalam tubuh, dan penderita diabetes tipe 2 sering mengalami kerusakan.

4. Menjaga pencernaan

Buah apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prekursor biologis. Serat ini adalah makanan bagi bakteri baik di usus. Usus halus tidak menyerap serat selama proses pencernaan. Sebaliknya, ia masuk ke usus besar dan menjadi makanan bagi bakteri baik agar pencernaan tetap terjaga. Inilah sebabnya mengapa Anda terlindungi dari obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

5. Mencegah kanker

Diyakini bahwa senyawa alami dalam apel dapat mengurangi risiko kanker. Selain itu, makan apel secara teratur juga dikaitkan dengan tingkat kematian akibat kanker yang lebih rendah. Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi mereka bertanggung jawab atas potensi efek pencegahan kanker ini.

Nah, itulah diatas beberapa manfaat rutin mengkonsumsi buah apel. 

Disadur dari Suara.com 

Apel Manfaat Kesehatan


Loading...