Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung

Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung
Ilustrasi (Kumparan : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Minggu, 14 Agustus 2022 11:49 WIB

Terasjabar.id --  Adanya komedo meski berukuran kecil menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan. Komedo merupakan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori yang seringkali terlihat meski sudah dilapisi makeup.

Komedo di hidung biasanya diakibatkan oleh penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Jadi, untuk menghilangkan komedo, salah satunya dengan mengontrol produksi minyak. Berikut cara untuk menghilangkan komedo di hidung.

1. Cuci muka dua kali sehari

Jika tidak sempat cuci muka setelah olahraga, setidaknya bersihkan keringat Anda sebelum mengering dengan lap khusus muka. Mencuci muka akan membuat kulit wajah bersih dan minyak di kulit dapat hilang.

2. Pore strip

Pore strip merupakan semacam kertas yang ditempelkan pada hidung kemudian menariknya setelah didiamkan beberapa saat.

Cara tersebut memang dapat mengangkat komedo pada hidung, namun tidak mencegah komedo datang kembali. Sebab, kertas ini tidak mengatur produksi minyak di kulit.

Untuk mendapat hasil terbaik, gunakan pore strip setelah mengukus wajah di atas panci berisi air mendidih yang akan membuka pori-pori.

3. Sunscreen bebas minyak

Minyak menjadi penyebab terbesar munculnya komedo hitam pada hidung. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kelebihan jumlah minyak, dapat memilih sunscreen bebas minyak, mengingat sunscreen merupakan skincare yang harus selalu digunakan.

4. Eksfoliasi

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Pilih eksfolian yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Ini merupakan kandungan asam lembut yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun, ingatlah bahwa AHA dan BHA dapat membuat kulit lebih rentan terkena sinar UVA dan UVB. Jadi, jangan lupa gunakan sunscreen tiap akan beraktivitas.

5. Gunakan clay mask

Clay mask telah terbukti dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih serta membantu melebarkan pori-pori sehingga kotoran yang terperangkap bisa keluar dan tidak ada lagi komedo hitam. Clay mask bekerja dengan masuk ke pori-pori secara bertahap sehingga kotoran dan minyak bisa dikontrol.

6. Gel asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori hingga menyebabkan komedo. Ini juga menjadi eksfolian yang efektif. Namun, cukup gunakan agel asam salisilat pada area yang ingin dibersihkan komedonya karena penggunaan berlebih bisa berbahaya.

7. Retinoid topikal

Retinol topikal berasal dari vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan mengurangi kemunculan kerutan. Namun, hindari penggunaan retinoid pada ibu hamil dan gunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai pengganti.(iruma cezza)


Disadur dari Suara.com 

Komedo Kotoran Hidung Keringat Pori - Pori


Loading...