Pelatih Kiper Timnas AFF U16, Markus Horison Dapat Kritikan Warganet Setelah Sebut 'Local Pride' ke Kamera, Kenapa?

Pelatih Kiper Timnas AFF U16, Markus Horison Dapat Kritikan Warganet Setelah Sebut 'Local Pride' ke Kamera, Kenapa?
Staf pelatih Bima Sakti, Markus Horison tertangkap kamera teriak local pride saat merayakan keberhasilan Timnas U-16 Indoneisa menjuarai Piala AFF. [TikTok]
Editor: Malda Sport Style —Sabtu, 13 Agustus 2022 11:17 WIB

Terasjabar.id - Markus Horison dan salah satu staf pelatih Timnas Indonesia U-16 melontarkan kata-kata yang dinilai kurang layak saat momen pengalungan medali juara kepada para penggawa skuat Garuda Asia.

Dalam video yang beredar tampak Markus Horison menghampiri kameramen TV yang menyiarkan langsung pertandingan dan prosesi pemberian medali juara. Eks kiper Timnas Indonesia dan salah seorang staf pelatih berteriak local pride! Local pride.

Ikuti INSTAGRAM Kami :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)

 


"Local pride campione," teriak lantang pelatih kiper Timnas Indonesia U-16, Markus Horison.

Perkataan yang dilontarkan oleh Markus Horisan mendapatkan perhatian dari para netizen dan pendukung Timnas Indonesia U-16. Banyak yang menyayangkan akan ucapan tersebut.

"Sangat Disayangkan. Sangat disayangkan ucapan yang terlontar dari asisten pelatih markus horison dan staf pelatih: 'local pride, local pride, local pride tapi ori'," ungkap salah seorang netizen.

Tidak hanya kecewa, ada juga netizen yang mengatakan jika ucapan dari pelatih kiper Timnas Indonesia U-16 membuat pesar kemenangan sedikit ternodai.

"Ucapan tersebut membuat pesta kemenangan sedikit ternoda. Sekelas asisten timnas keluar ucapan itu dimana kurang bijak. Pelatih = Guru. Dimana pelatih U-16 ini adalah role model dan contoh bagi para pemain. Etika dan perilaku juga harus di jaga sejak dini agar bisa membuat mereka respek sedari kecil," ujar netizen yang lain.


Menurut mereka, ucapan Markus Horisan tidaklah tepat, mengingat dalam skuat Garuda Asia terdapat nama Ji Da Bin yang merupakan pemain keturunan. Selain itu, pelatih Timnas senior merupakan pelatih asing. Dengan begitu ucapan Eks kiper PSMS Medan tersebut dinilai sangat sentimen dan tidak perlu terlontar.

Tonton Juga :

"Ucapan tersebut menunjukan sentimentil khusus yang di mana dalam tim tersebut juga ada Ji Da Bin yang merupakan pemain keturunan. Atau bahkan pelatih senior kita adalah Orang Asing. Sangat tidak tepat sekali dan sangat disayangkan. Ketika seseorang sudah berjuang demi Bendera Merah Putih dan Garuda, semestinya sudah tidak ada membeda bedakan," kata netizen lainnya.

"Baik asing sebagai pelatih ataupun khusus nya bagi pemain dari Keturunan (keturunan disini belum tentu naturalisasi, karena mereka memilih paspor WNI seperti Irfan Bachdim, Elkan, Jack Brown, Ronaldo Kwateh, Gavin Kwan) dan Naturalisasi (baik naturalisasi tdk ada darah indonesia ataupun keturunan)," imbuhnya.

"Mereka yang telah berjuang demi Indonesia adalah satu kesatuan tanpa harus mengkotak kotak kan asal usul dan dari mana. Sayang sekali ini terjadi dan masih di beda bedakan. Semoga tidak terulang kejadian ini. Kita adalah satu untuk membela dan membanggakan Indonesia. Garuda di dadaku dan Kita Garuda," ucap netizen yang sama.

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Baca Juga :

(Sumber: Suara.com)

AFF U16 Timnas Indonesia viral Final AFF U16 Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta markus horison local pride timnas Indonesia


Loading...