REKOMENDASI Film Tema Kemerdekaan yang Bisa Ditonton Untuk Mengenang Perjuangan Para Pahlawan

REKOMENDASI Film Tema Kemerdekaan yang Bisa Ditonton Untuk Mengenang Perjuangan Para Pahlawan
Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia, Soekarno (Arsip MVP Pictures/Mahaka Pictures)
Editor: Malda Life Style —Sabtu, 13 Agustus 2022 10:22 WIB

Terasjabar.id - Akhir pekan sudah di depan mata. Enaknya menikmati liburan sambil menonton film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.
HUT ke-77 Kemerdekaan RI akan kita rayakan pekan depan. Tentunya memupuk kembali rasa nasionalisme adalah aktivitas yang sesuai. Caranya tentu dengan memanfaatkan teknologi, yaitu aplikasi streaming film.

Ikuti INSTAGRAM Kami :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)



Film tentang kemerdekaan Indonesia tersedia beberapa pilihan di sana. Inilah beberapa rekomendasinya:

Guru Bangsa Tjokroaminoto
Reza Rahardian berperan sebagai Oemar Said Tjokroaminoto. Dia anak bupati yang tidak diam melihat kondisi kemiskinan dan kesenjangan sosial di awal tahun 1900-an.

Film ini mengisahkan bagaimana Tjokroaminoto berjuang melalui organisasi Syarikat Islam. Dia menjadi guru politik untuk banyak anak muda yang nantinya menjadi para tokoh nasional dari Sukarno, Semaun sampai Agus Salim. Tak heran dia dijuluki sebagai Guru Bangsa.


Sang Kiai
Ikranegara menjadi KH Hasyim Asyari, sosok pendiri Nahdlatul Ulama dan pahlawan nasional. Sosoknya sangat penting dalam menggerakkan para santri berjuang melawan Jepang dan tentara Sekutu.

Film ini juga mengangkat soal lahirnya Resolusi Jihad yang menjadi kunci penting dalam upaya mempertahankan kemerdekaan saat perang di Surabaya melawan Sekutu.

Laskar Pemimpi
Film perjuangan kemerdekaan bergenre komedi dan musikal, kenapa tidak? Laskar Pemimpi menampilkan Project Pop menjadi tentara kocak dalam perjuangan melawan Agresi Militer Belanda II di Yogyakarta.

Gie
Melewati masa kemerdekaan ke masa Orde Lama ada film Gie, tentang aktivis mahasiswa bernama Soe Hok Gie di tahun 1960-an. Gie yang diperankan Nicholas Saputra adalah sosok yang kritis menghadapi perubahan haluan politik Indonesia saat itu dari Orde Lama ke Orde Baru.

Merah Putih

Siapa yang tak tahu film Merah Putih? Ini merupakan salah satu film perjuangan Indonesia jadul yang cukup sering diputar saat Hari Kemerdekaan.

Film yang dibintangi Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, dan lainnya itu mengisahkan soal perjuangan Indonesia melawan Belanda saat Agresi Militer I.


Darah Garuda

Film ini merupakan kelanjutan dari Merah Putih yang sukses pada tahun sebelumnya. Para tokoh di film ini juga masih sama, namun menghadapi lika-liku konflik dan perjuangan yang berbeda.

Kali ini, Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan melakukan perlawanan ke Belanda untuk membebaskan tawanan yang merupakan rakyat, termasuk anggota keluarga mereka.


Hati Merdeka

Sekuel ketiga setelah Merah Putih dan Darah Garuda ini melanjutkan kisah Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan. Kali ini, Amir mengumumkan pengunduran diri dari Angkatan Darat dan membuat teman-temannya kehilangan sosok pemimpin.

Tomas (Donny Alamsyah) pun ditunjuk menjadi pemimpin baru. Film ini menghadirkan pertempuran para tentara di Bali menghadapi pasukan Kolonel Raymer.

Tonton Juga :


Soekarno

Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan Presiden ke-1 Indonesia Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu.

Dalam film ini, tergambar karakter Soekarno dan perjuangannya membawa kemerdekaan bagi Indonesia sampai akhirnya berhasil membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.


Jenderal Soedirman

Adipati Dolken berperan sebagai Jenderal Soedirman dalam film ini. Film biopik ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam melawan penjajah.

Ia memimpin perlawanan dalam Agresi Militer II yang terjadi pada 1948. Berbagai suka duka perlawanan Soedirman ditampilkan dalam film ini.


Baca Juga :

(Sumber: Detik/CNN) 




Film Kemerdekaan Rekomendasi Film Nonton Film Guru bangsa Sang kiai Soekarno Merah Putih Film Kemerdekaan Rekomendasi film kemerdekaan


Loading...