Berikut 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat

Berikut 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Life Style —Jumat, 12 Agustus 2022 13:51 WIB

Terasjabar.id - Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air dan dikenal memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Asam folat atau vitamin B9 ini banyak ditemukan dalam berbagai jenis buah-buahan dan sayuran hijau. Selain itu asam folat juga terdapat pada beberapa makanan olahan seperti roti dan sereal.

Asam folat berguna untuk mencegah beberapa penyakit seperti anemia atau kekurangan sel darah merah, penyakit jantung, kanker, demensia, hingga menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut.

Kandungan yang ada pada asam folat ini sangat penting bagi ibu hamil untuk membantu pembelahan sel, pertumbuhan dan perkembangan janin. Disarankan bagi wanita hamil dapat mengonsumsi 600 mcg per hari hingga 3 bulan pertama kehamilannya.

Lantas apa saja makanan yang mengandung asam folat ini? Simak daftarnya berikut ini dirangkum dari Healthline.

1. Bayam

Satu porsi bayam yang sudah matang mengandung sekitar 130 mcg atau lebih dari seperempat dosis harian yang direkomendasikan. Sebelum mengonsumsi bayam, diharuskan untuk memasaknya terlebih dahulu hingga matang untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan menghindari bakteri yang menempel.

Ilustrasi olahan makanan bayam. (Pexels)
Ilustrasi olahan makanan bayam. (Pexels)

2. Alpukat

Jus alpukat menjadi salah satu jus yang banyak peminatnya. Buah ini mengandung 59 mcg asam folat atau porsi setengah cangkir sekitar setengah dari alpukat besar. Selain itu alpukat juga kaya akan berbagai nutrisi seperti asam lemak, serat dan vitamin K yang baik untuk tubuh.

3. Asparagus

Asparagus merupakan makanan yang kaya akan asam folat dan berbagai nutrisi lainnya. Setengah cangkir asparagus (90 gram) mengandung 134 mcg asam folat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang pinto ini memiliki sumber asam folat yang cukup untuk kesehatan tubuh. Misalnya dalam satu cangkir kacang merah yang dimasak mengandung 131 mcg asam folat atau sekitar 33 persen kebutuhan asam folat harian. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, serat, antioksidan, kalium, magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

5. Telur

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga mengandung beberapa nutrisi salah satunya adalah asam folat. Satu telur besar mengandung 22 mcg asam folat, selenium, riboflavin, vitamin B12, dan protein. Selain itu telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

Itulah beberapa makanan yang mengandung asam folat yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Disadur dari Suara.com

Asam Folat Makanan Bayam Vitamin B9


Loading...