TEKAN ANGKA PENGANGGURAN, PEMKOT CIMAHI SEMPURNAKAN APLIKASI SIDAKEPtri DENGAN FITUR e-SKILL UP

TEKAN ANGKA PENGANGGURAN, PEMKOT CIMAHI SEMPURNAKAN APLIKASI SIDAKEPtri DENGAN FITUR e-SKILL UP
Editor: Epenz Teras Cimahi —Jumat, 12 Agustus 2022 09:04 WIB

Cimahi, Terasjabar.id -- Guna mengatasi masalah ketenagakerjaan, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi menggelar Sosialisasi e-Skill Up pada Aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (SIDAKEPtri) Mobile yang dilaksanakan di Aula Gedung A Kantor Pemerintah Kota Cimahi, Kamis (11/08).  

Sosialisasi e-Skill Up pada Aplikasi SIDAKEPtri Mobile digelar secara hybrid, sebanyak 50 orang peserta mengikuti kegiatan secara luring, sementara 1000 orang peserta hadir secara daring. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini pemateri dari PT. ForIT Asta Solusindo dan LPK Cimahi Media Internusa.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPtri Mobile sesuai dengan misi Kota Cimahi, yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja. Pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPtri Mobile diharapkan akan dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Yanuar Taufik menyatakan meskipun Kota Cimahi memiliki angka TPAK (Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja) yang sangat besar namun masih ada kendala dalam penyerapan tenaga kerja yang ada, padahal TPAK yang tinggi seharusnya menjadi modal atau potensi untuk menciptakan pertumbuhan yang tinggi.

Yanuar tidak menapik bahwa penyerapan tenaga kerja di Kota Cimahi belum optimal karena terkendala beberapa hal, “Belum terserapnya tenaga kerja yang ada karena kemungkinan adanya ketidaksesuaian antara karakteristik angkatan kerja dengan karakteristik jenis pekerjaan yang ada,” jelas Yanuar.

Ia pun menyatakan bahwa permasalahan ketenagakerjaan sangat terkait dengan skill dan kompetensi pencari kerja yang belum sesuai kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja serta banyaknya perusahaan yang lock out serta kurangnya informasi pasar kerja. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Gambar

Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi telah banyak melakukan upaya untuk mengurai masalah ketenagakerjaan di Kota Cimahi, di antaranya pendataan angkatan kerja, pelatihan-pelatihan, peningkatan produktivitas, pemagangan dan penyaluran tenaga kerja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan.

Selain penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Cimahi, diperlukan juga kebijakan strategis untuk tetap memberikan data tenaga kerja yang akurat. Aplikasi SIDAKEPtri Mobile dirancang untuk menjembatani pencari kerja, perusahaan, pemerintah, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), dan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk dapat bertemu dan mendapatkan informasi. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store.

Dengan mendaftarkan diri melalui akun di aplikasi SIDAKEPtri, para pencari kerja dapat memperoleh Kartu Kuning atau AK1 untuk keperluan mencari pekerjaan.

Melalui aplikasi SIDAKEPtri mobile pengusaha atau pemberi kerja untuk dapat mengunggah lowongan pekerjaan dan lowongan tersebut akan muncul di aplikasi selama satu bulan sehingga para pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang ada di Kota Cimahi.

Tonton Juga :

Pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPTRI Mobile terus dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi untuk dapat menekan angka pengangguran di Kota Cimahi. Penambahan fitur e-Skill Up memungkinkan para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan secara daring dari instruktur yandal dan terpercaya.

Dalam hal ini, LPK dan Bursa Kerja Khusus yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cimahi mengunggah kegiatan lembaganya melalui situs Sistem Informasi Link and Match (SILIMA) sehingga para pencari kerja dapat mendaftar pelatihan kerja dengan materi yang sesuai dengan kebutuhannya. Pelatihan kerja tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Diakhir pelatihan, peserta pelatihan akan memperoleh e-sertifikat yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaannya.

“Saya berharap para pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan karyawan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni LPK dan Bursa Kerja Khusus dapat memanfaatkan aplikasi SIDAKEPTRI Mobile agar selalu mendapatkan informasi peluang kerja yang selalu up to date,” pungkas Yanuar. (Bidang IKPS/Dy)

Baca Juga :

Angka Pengangguran Pemkot Cimahi Aplikasi SIDAKEPtri Fitur e-SKILL UP Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi


Loading...