Inilah Tiga Makanan Pereda Sembelit

Inilah Tiga Makanan Pereda Sembelit
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 9 Agustus 2022 14:18 WIB

Terasjabar.id - Makanan pereda sembelit penting untuk diketahui. Sembelit atau dengan kata lain konstipasi dapat kita artikan sebagai keadaan sulit buang air besar (BAB).

Dengan menegtahui makanan pereda sembelit, kalian bisa cengan cepat mengatasi masalah pencernaan tersebut.

melansir dari banyak sumber, berikut beberapa makanan pereda sembelit:

1. Apel - Apel adalah cara mudah untuk meningkatkan kandungan serat dalam makanan dan meredakan sembelit. Buah ini sangat kaya akan serat dan bisa dimakan langsung, dijus, menjadi salad buah atau dipanggang. 

Sebanyak 182 gram apel memiliki kandungan 4,4 gram serat. Sekitar 2,8 gram serat itu memang tidak larut dan 1,2 gram adalah serat larut, sebagian besar berupa serat makanan yang disebut pektin. 

Di usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus. 

Studi pada 80 orang yang memiliki sembelit, hasilnya ditemukan bahwa pektin dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus, memperbaiki gejala sembelit dan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

2. Pir Pir juga kaya akan serat, dengan sekitar 5,5 gram serat pada buah yang beratnya sekitar 178 gram. Itu adalah 22 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Pir juga mengandung gula alkohol sorbitol yang tidak terserap dengan baik di dalam tubuh dan bertindak sebagai pencahar alami dengan membawa air ke dalam usus.

3. Bayam dan Sayuran Lainnya - Sayuran hijau membantu menambah massa dan berat pada tinja, yang membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan melalui usus. 

Sayuran hijau seperti bayam, kubis Brussel, dan brokoli tidak hanya kaya serat tetapi juga sumber vitamin C, vitamin K, dan folat. 

Satu cangkir bayam matang mengandung 4,3 gram serat, atau 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.***

Disadur dari Purwasuka.suara.com

Buah -Buahan Sayuran Pereda Sembelit BAB


Loading...