Atasi Nasi yang Mudah Basi, Ikuti Beberapa Tips ini

Atasi Nasi yang Mudah Basi, Ikuti Beberapa Tips ini
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Jumat, 5 Agustus 2022 14:18 WIB

Terasjabar.id - Nasi adalah bagian wajib dari santapan yang hendak dimakan. Jika belum konsumsi nasi, belum sah rasanya disebut makan. 

Alat rice cooker memang sangat membantu agar nasi cepat dimasak. Selain itu kematangannya juga merata. Namun, ternyata nasi lebih cepat basi jika dimasak dengan rice cooker lho.

Untuk kalian yang bingung mengatasi permasalahan ini, berikut kami rangkum tips dan trik agar nasi tak cepat basi.

1. Gunakan air secukupnya

Untuk memperoleh takaran yang pas, kamu tinggal menyentuh permukaan beras di dalam panci dengan ujung telunjuk kamu. 

Pastikan tinggi air yang sudah dituangkan berada di ketinggian yang sama dengan satu ruas buku-buku jari kamu. Air yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat nasi yang kamu buat menjadi cepat basi.

2. Aduk nasi sesekali saat dimasak

Saat sedang dimasak, kamu bisa mengaduk nasi agar kematangannya merata. Selain itu, trik ini juga bisa membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut sehingga terasa enak saat dimakan. Cuci beras sampai bersih.

Agar tidak cepat basi, cucilah beras terlebih dahulu sampai warnanya putih dan tampak bersih. Dengan begitu, nasi yang kamu buat di penanak nasi akan lebih tahan lama dari biasanya. 

Tapi ingat jangan sampai airnya terlalu bening juga ya. Soalnya, kalau terlalu bersih, kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa banyak yang hilang.

3. Hilangkan uap nasi ketika sudah matang

Saat penanak sudah memberi isyarat bahwa nasi sudah matang, bukalah penutupnya dan biarkan uapnya menguar ke udara, lalu aduk-aduklah sampai uapnya benar-benar hilang. 

Selain bisa membuat nasi menjadi tidak lembap dan awet, tekstur nasi yang kamu makan akan terasa lebih pulen. Jangan lupa untuk mengelap embun air yang menempel pada bagian bawah penutup juga.

4. Gunakan jeruk lemon

Setelah kamu menuangkan beras dan air ke dalam penanak, kamu bisa menambahkan beberapa tetes jeruk lemon untuk membuat nasi menjadi lebih awet. Nasi yang kamu masak pun akan menjadi lebih harum sehingga bisa menambah selera makan.

Nah itu dia tadi tips dan trik agar nasi tak cepat basi. Bagaimana, mudah bukan.

Sumber: Suara.com

Nasi Tips agar tak Cepat Basi Tips


Loading...