Steam dan Origin Sudah Bisa Diakses Lagi, Domino Qiu Qiu dkk Sudah Diblokir !

Steam dan Origin Sudah Bisa Diakses Lagi, Domino Qiu Qiu dkk Sudah Diblokir !
Pemmzchannel
Editor: Malda Teras Techno —Kamis, 4 Agustus 2022 14:28 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya membuka akses situs Origin  per 3 Agustus pukul 14.00.

"Menyampaikan bahwa penyelenggara sistem Electronic Ars telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam siaran pers, Kamis (4/8/2022).

Hal ini menyusul pendaftaran Origin sebagai PSE di Indonesia. Sebelumnya, Kominfo sudah lebih dulu membuka blokir Yahoo, Steam, Dota dan Counter-Strike GO setelah perusahaan mendaftar.

Layanan PayPal juga sudah kembali normal setelah mereka mendaftar, semula Kominfo berencana membuka sementara PayPal sampai 5 Agustus supaya masyarakat bisa memindahkan dananya. Nama Origin dan PayPal sudah masuk ke laman PSE Kominfo, tercatat per 3 Agustus.

Sebelumnya, Kominfo sempat memblokir situs-situs tersebut pada Sabtu (30/7/2022) karena perusahaan tidak mendaftar sebagai PSE di Indonesia.

Untuk PSE yang sudah beroperasi di dalam negeri, pemerintah memberikan tenggat waktu sampai 20 Juli supaya layanan mereka tetap bisa digunakan.


Hingga saat ini, salah satu platform penyedia gim yakni Epic Games terpantau belum terdaftar di PSE Kominfo. Belum ada informasi terkait hal ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, bagi yang tidak mendaftar, Kominfo memberikan sanksi berupa pemutusan akses atau blokir seperti yang terjadi pada Origin, Yahoo, PayPal, Steam, Dota dan Counter-Strike GO beberapa hari lalu.

Blokir akan dibuka jika perusahaan sudah mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Indonesia.


Sementara bagi PSE yang akan beroperasi di Indonesia, Kementerian Kominfo meminta mereka untuk mendaftar sebagai PSE sebelum membuka layanan mereka.

Berkaitan dengan pendaftaran PSE, Kominfo memblokir 15 situs yang tergolong perjudian online setelah melalui evaluasi, mereka sebelumnya sempat terdaftar sebagai PSE.

Platform atau sistem elektronik yang diblokir adalah Domino Qiu Qiu, Topfun, Pop Domino, MVP Domino, Pop Poker, Let’s Domino Gaple QiuQiu Poker Game Online, Steve Domino QiuQiu Poker Slots Game Online, Higgs Slot Domino Gaple QiuQiu, Ludo Dream, Domino QiuQiu 99 Boyaa QQ KIU, Domino Gaple Boya QiuQiu Capsa, Poker Texas Boyaa, Poker Pro.id, Pop Big2, dan Pop Gaple. 


(Sumber: Suara.com)

Kominfo Viral Origin PSE Indonesia PayPal PSE Indonesia steam Epic Games Domino qiu qiu


Loading...