Berikut Beberapa Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan, Tumbuhan Liar yang Ternyata Berkhasiat

Berikut Beberapa Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan, Tumbuhan Liar yang Ternyata Berkhasiat
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 3 Agustus 2022 13:22 WIB

Terasjabar.id - Kekayaan alam Indonesia, jika terus dikulik, rasanya tidak akan habis dibahas. Berbagai tanaman herbal memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Daun meniran misalnya yang tumbuh liar di tempat yang lembap dan berbatu, ternyata menyimpan segudang manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat daun meniran secara lengkap bisa Anda simak di bawah ini!

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kandungan imunomodulator bisa membantu pembentukan daya tahan tubuh yang lebih kuat. Rekomendasi bahkan diberikan oleh Kemenkes terkait penggunaan meniran sebagai salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi jamu.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Keberadaan senyawa phyllanthin dan hypophyllanthin juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini terbukti pada suatu penelitian pada hewan di dalam laboratorium, kandungan antioksidan yang ada di daun meniran memberikan manfaat tersebut. Pada manusia sendiri hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat daun meniran selanjutnya adalah mencegah dan membantu mengobati batu ginjal. Manfaat dini diperoleh dengan injeksi menggunakan infus. Batu ginjal yang ada di dalam tubuh bisa luruh, dan memperkuat kondisi ginjal agar batu ginjal tidak lau terbentuk dalam waktu singkat.

Senyawa Dalam Meniran Bisa Jadi Obat Lawan Covid-19. (Dok: Istimewa)
Daun meniran. (Dok: Istimewa)

4. Mencegah Terjadinya Peradangan

Daun meniran juga memiliki kandungan seperti ibuprofen yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Jelas, hal ini juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah peradangan seperti nyeri, hingga flu yang menyerang.

5. Kadar Antioksidan yang Tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi membantu tubuh melawan radikal bebas. Hal ini bisa membantu tubuh terhindar dari kerusakan sel berlebihan dan berbagai penyakit. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda harus mengkonsumsi ekstrak daun meniran hijau.

6. Efek Diuretik

Salah satu manfaat lain dari daun meniran adalah memiliki efek diuretik. Efek ini dapat meningkatkan ekskresi natrium di dalam urin pada tikus percobaan, sehingga kadar garam berlebih di dalam tubuh bisa dikurangi. Pada manusia, sifat ini dapat membantu mengobati hipertensi dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Itu tadi setidaknya enam manfaat daun meniran yang bisa dibagikan dalam artikel singkat kali ini. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Disadur dari Suara.com

Alam Indonesia Daun Meniran Manfaat


Loading...