Berikut Beberapa Makanan Penghilang Rasa Mual yang Bisa Jadi Opsi

Berikut Beberapa Makanan Penghilang Rasa Mual yang Bisa Jadi Opsi
Ilustrasi (Hops.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 2 Agustus 2022 15:03 WIB

Terasjabar.id - Rasa mual bisa dirasakan oleh semua orang, dan dipicu oleh banyak hal. Bau-bauan yang menyengat misalnya, atau mabuk perjalanan, atau banyak hal yang lain. Beberapa makanan bisa menjadi solusi dari rasa mual ini. Daftar mengenai makanan penghilang rasa mual kemudian bisa Anda temukan di sini!

Beberapa makanan yang ada di dalam daftar ini sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan atau dibuat, dan cukup ampuh dalam mengatasi rasa mual yang muncul tiba-tiba. Maka tanpa banyak pengantar lagi, simak selengkapnya di bawah ini, dirangkum dari Healthline.

1. Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membantu meredakan rasa mual yang terjadi pada ibu hamil. Terlebih jika dikombinasikan dengan jahe, bisa menjadi solusi mual pada pasien yang tengah menjalani prosedur kemoterapi.

Makanan dengan protein tinggi dipercaya bisa menormalkan aktivitas lambung dengan meningkatkan sekresi hormon gastrin. Mulai dari daging ayam, daging ikan, hingga produk olahan susu bisa jadi opsi.

2. Makanan Dingin

Berbagai jenis makanan dingin juga bisa menjadi opsi untuk meredakan rasa mual yang melanda. Misalnya saja buah-buahan yang baru disimpan di lemari pendingin, atau yogurt.

Ilustrasi buah beri. (pixabay.com/sweetlouise)
Ilustrasi buah beri. (pixabay.com/sweetlouise)

Makanan dingin tidak mengeluarkan bau yang terlalu menyengat yang bisa memperparah rasa mual. Maka dari itu, makanan seperti ini bisa dikonsumsi dan membantu menghilangkan rasa mual yang dialami.

3. Buah Pisang

Ketika terus merasa mual, seorang bisa saja muntah-muntah dan kekurangan cairan tubuh. Hal ini akan memicu risiko kesehatan lain. Makan buah pisang, dalam hal ini, bisa membantu tubuh mendapatkan kembali cairan yang diperlukan serta dapat menyuplai tubuh dengan kalium yang hilang saat muntah-muntah.

Selain menghilangkan rasa mual pisang juga membantu memberikan asupan energi, sehingga tubuh bisa tetap bertenaga dan lekas pulih.

4. Makanan Ringan

Makanan ringan (snack) dengan rasa plain seperti biskuit, crackers, sereal dan semacamnya sering direkomendasikan untuk orang yang mengalami mual. Namun, diketahui bahwa orang merasa lebih mual saat perut kosong dan bereaksi buruk terhadap makanan berbau tajam.

Itulah mengapa sebaiknya hindari menyiapkan dan memasak makanan saat merasa tidak enak badan, karena melihat dan mencium bau makanan dapat memicu mual.

Cukup mudah ditemukan bukan empat makanan penghilang rasa mual tersebut? Jika mual yang dirasakan tak kunjung hilang, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi dokter guna memahami apa yang memicu rasa mual ini. Semoga berguna, dan semoga selalu sehat!

Disadur dari Suara.com 

Rasa Mual Makanan Buah Cara MEngatasi


Loading...