Mandi Malam Hari Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan ? Berikut Penjelasannya Ternyata Bermanfaat Loh Adik-adik !

Mandi Malam Hari Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan ? Berikut Penjelasannya Ternyata Bermanfaat Loh Adik-adik !
Sajian Sedap - Grid.ID
Editor: Malda Hot News —Jumat, 29 Juli 2022 11:35 WIB

Terasjabar.id - Mandi merupakan salah satu kegiatan membersihkan diri yang wajib dilakukan setiap hari. Bagi beberapa orang yang baru sampai rumah setelah beraktivitas hingga larut, mandi malam hari tak bisa dihindari. 

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mandi malam bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada pula yang bilang bahwa mandi malam bisa membawa manfaat kesehatan.

Lantas, apa kata medis? Apakah mandi malam berbahaya, atau justru bisa mendatangkan manfaat kesehatan? Yuk, cari tahu!

Mandi Malam, Baik atau Buruk bagi Kesehatan?

Faktanya, belum ada penelitian yang melarang seseorang untuk mandi pada malam hari. Karenanya, Anda tak perlu khawatir untuk mandi di malam hari. 

Bahkan, kebiasaan mandi malam hari justru bisa mendatangkan manfaat kesehatan, lho. Berikut ini beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Mandi dengan air hangat di malam hari bisa membantu melemaskan ketegangan otot dan membuat tubuh lebih relaks.

Dengan demikian, Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal ini akan membuat Anda lebih siap untuk beraktivitas esok harinya.

2. Mencegah Jerawat

Langsung berbaring di kasur setelah beraktivitas seharian bisa membuat Anda berjerawat. Pasalnya, minyak dan keringat yang masih menempel di tubuh bisa menyumbat pori-pori dan memicu masalah kulit tersebut.

Lain halnya jika Anda mandi malam hari, khususnya jika menggunakan sabun yang mengandung zink. Hal ini bisa membantu membuang sisa-sisa minyak, keringat, dan kotoran yang menempel di tubuh, sehingga jerawat pun bisa dihindari. 

3. Kulit Lebih Sehat

Hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia bisa memengaruhi kondisi kulit. Sementara itu,  hormon seks bisa memengaruhi ukuran kelenjar minyak (sebasea). Kadar kedua hormon tersebut memuncak pada malam hari.

Oleh sebab itu, mandi pada malam hari bisa menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit. Hal ini dapat menjaga hormon tetap dalam keseimbangan yang optimal. 

4. Mencegah Kontaminasi Bakteri

Faktanya, banyak bakteri yang menempel di kepala, apalagi setelah Anda beraktivitas seharian. Jadi, jika Anda tidur dengan rambut kotor, maka kasur, bantal, dan guling bisa saja terkontaminasi bakteri. 

Bakteri tersebut bisa terus berkembang dan semakin mengancam kesehatan rambut, wajah, maupun bagian tubuh lainnya.

5. Mencegah Kekambuhan Alergi

Apakah Anda alergi terhadap debu, tungau, atau bahan lainnya? Jika ya, Anda sebaiknya tak melewatkan mandi malam.

Faktanya, mandi di malam hari setelah beraktivitas seharian bisa membantu menjaga kebersihan diri Anda. Dengan demikian, risiko Anda terpapar alergen pemicu alergi juga bisa diminimalkan.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Merasa lelah atau penat setelah bekerja seharian? Jika ya, cobalah untuk mandi malam hari setelah Anda sampai di rumah. 

Mandi malam bisa membantu memperbaiki suasana hati, lho. Berendam dengan air hangat atau langsung menikmatinya dari shower juga bisa merelaksasi otot dan pikiran Anda. 

Anda bisa menambahkan minyak esensial pada air rendaman atau menyalakan lilin aromaterapi agar pikiran dan suasana hati kian membaik.

7. Bangun Lebih Segar Esok Hari

Mandi malam setelah beraktivitas bisa membuat kualitas tidur Anda meningkat. 

Alhasil, esok harinya, Anda bisa bangun dengan kondisi segar dan suasana hati yang baik. Hal ini membuat Anda lebih siap untuk melakukan segala rutinitas harian.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Malam Hari

Jika tujuan Anda mandi malam adalah untuk menghilangkan penat selepas beraktivitas namun masih ingin berinteraksi di dalam rumah, sebaiknya mandilah dengan air dingin. Air dingin dapat memberikan sensasi kesegaran dan membantu menghilangkan kantuk.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan hal-hal berikut ini jika ingin mandi di malam hari menggunakan air dingin:

  • Perhatikan kondisi tubuh Anda. Apakah sedang fit atau tidak?
  • Pantau Suhu udara pada saat itu. Apakah sendang dingin atau tidak?
  • Gunakan suhu air yang tepat. Sebaiknya jangan menggunakan air yang terlalu dingin

Suhu air yang aman maksimal berbeda 5 derajat Celsius dengan tubuh. Jadi, jika suhu tubuh Anda berkisar 36 derajat Celsius, suhu air dingin yang dapat digunakan antara 29–30 derajat Celsius.

Anda pun perlu berhati-hati apabila mandi malam menggunakan air hangat. Pastikan untuk tidak berendam atau berada di bawah pancuran terlalu lama. Sebab, hal itu bisa menghilangkan jumlah minyak alami pada kulit, yang nantinya bisa menyebabkan kekeringan.

Tips Aman Mandi Malam

Ada beberapa tips aman mandi malam yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Sediakan baju ganti, handuk, sabun, dan sebagainya terlebih dahulu sebelum melangkah ke kamar mandi. 
  • Mulai sesi mandi dengan membasahi kaki terlebih dulu, terutama jika Anda menggunakan air dingin. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak kaget saat bersentuhan langsung dengan dinginnya air. 
  • Jika memungkinkan, pilih waktu keramas pada pagi hari agar durasi sesi mandi malam tidak terlalu lama. 
  • Bila memang harus keramas saat malam, gunakan pengering rambut setelahnya. Tidur dengan rambut basah bisa memicu beberapa gejala, seperti sakit kepala, rambut berminyak, atau kulit kepala berjamur karena terlalu lembap.
  • Jika ingin berendam di bathtub, pastikan suhu air suam-suam kuku agar kulit tidak kering setelahnya.
  • Langsung keringkan tubuh sehabis mandi dan kenakan pakaian tidur yang nyaman.

Mandi malam boleh saja dilakukan. Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan bahaya mandi malam. Namun, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal yang telah disampaikan agar aktivitas tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Punya pertanyaan mengenai manfaat kesehatan dari aktivitas sehari-hari? Ingin tahu mengenai fakta medis lainnya? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT/Klikdokter)

mandi malam manfaat mandi malam kesehatan viral kesehatan kulit


Loading...